home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

KPU Himbau Kedua Kubu Paslon Jangan Saling Klaim Kemenangan Pilpres 2019: Harap Bersabar

Kamis, 18 April 2019 14:45 by Fikriah | 808 hits
KPU Himbau Kedua Kubu Paslon Jangan Saling Klaim Kemenangan Pilpres 2019: Harap Bersabar
Image source : kumparan

DREAMERS.ID - Maraknya hasil pemilu yang beredar pada berbagai survey quick count di media, serta klaim kemenangan yang dilayangkan kandidat capres dan cawapres dapat berpengaruh pada situasi kondusif dan kebenaran atau fakta hasil pemilu 2019.

Oleh karena itu, KPU mengimbau dan meminta kepada paslon capres dan cawapres untuk menahan diri tidak menyatakan kemenangan pilpres 2019. Pramono Ubaid Tanthowi, Komisioner KPU mengatakan deklarasi kemenangan sebaiknya dilakukan usai hasil perhitungan resmi diumumkan.

"Bersabar untuk mengikuti proses penghitungan suara oleh KPU. Kita berharap klaim-klaim kemenangan dilakukan setelah hasil resmi yang dikeluarkan oleh KPU bisa diselesaikan," jelas Pramono, Kamis (18/4) dilansir dari kumparan.com

Disamping itu, Pramono juga mengatakan untuk mentaati imbauan yang telah diberikan masing-masing capres. Begitu pula kepada pendukung agar menahan diri tidak melakukan protes yang berpotensi pada pelanggaran ketentuan.

Baca juga: Mengapa Gibran Tak Ikut Dampingi Prabowo Ketika Pantau Rekapitulasi Suara KPU?

"Dua kandidat dalam speechnya, dua-duanya sudah menyampaikan agar pendukung masing-masing agar menjaga ketenangan, ketertiban, tidak perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang berada di luar koridor peraturan perundang-undangan. Jadi kalau ada yang merasa keberatan, undang-undang sudah menyediakan mekanisme penyampaian keberatan," jelas Pramono.

Lebih lanjut, Pramono Ubaid Tanthowi juga meminta kepada elite politik untuk mengimbau pendukungnya agar menunggu hasil resmi pemilu 2019. Hal ini dimaksudkan agar menjaga kondisi pasca pemilu tetap kondusif dan dapat merayakan hasil resmi.

"Baik laporan sengketa dan seterusnya. Jadi, prosedur-prosedur itu yang harusnya ditempuh. Jadi kita perlu para elite-elite politik perlu mendorong konstituen, simpatisannya untuk menunggu hasil resmi yang dikeluarkan oleh KPU, sambil pada saat yang sama menjaga ketenangan," ungkapnya.

(fnj)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)