home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ketahui Deretan Nama 49 Caleg Mantan Napi Koruptor di Pemilu 2019

Jumat, 01 Februari 2019 14:14 by reinasoebisono | 1915 hits
Ketahui Deretan Nama 49 Caleg Mantan Napi Koruptor di Pemilu 2019
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - KPU akhirnya merilis secara resmi daftar nama caleg yang tercatat sebagai mantan narapidana korupsi dan mereka akan turut bertarung di Pemilu 2019 khususnya Pemilihan Legislatif. Total ada 49 caleg yang mencalonkan diri di lingkup DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, DPRD Kota dan DPD.

Ya, tidak ada caleg yang menjadi mantan koruptor di lingkup DPR RI. KPU mengacu pada ketentuan dalam Pasal 182 dan Pasal 240 UU Nomor 7 Tahun 2017 yang mensyaratkan calon legislatif dengan status mantan narapidana untuk mengumumkan statusnya secara terbuka kepada publik.

"Kami sudah cek dan sudah pastikan daftar nama yang kita ekspose itu data yang valid. Karena dokumen untuk caleg yang diumumkan di KPU RI bisa kita cek langsung di data kita," kata Ketua KPU Arief Budimana via Kumparan.

Dari data itu, diketahui parpol paling banyak mencalonkan eks napi korupsi adalah Golkar (8 orang), Gerindra (6 orang), Hanura (5 orang), Berkarya (4 orang), Demokrat (4 orang), PKS (1 orang), PBB (1 orang).

Sementara parpol yang bersih dari caleg koruptor adalah NasDem, PKB, PPP, dan PSI. Rilisan ini mendapat sentimen dari publik karena kecewa para mantan naarpidana yang jelas bersalah dalam kasus korupsi masih dicalonkan oleh partai masing-masing dan mencalonkan diri untuk berlaga di Pemilu 2019.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Hujan deras yang mengguyur wilayah ibu kota Korea Selatan memecahkan rekor sebagai curah hujan terlebat dalam 115 tahun. Sebagian besar wilayah Seoul dan Provinsi Gyeonggi diterjang banjir bandang, tidak terkecuali kawasan elit Gangnam yang menjadi daerah terdampak paling parah....
  • HOT !
    Satu per satu misteri kasus kematian Brigadir J atau Brigadir Nofryansah Yosua Hutabarat terungkap. Terbaru, Bharada E telah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian atas aksi baku tembak dengan Brigadir J....
  • HOT !
    Kasus virus corona atau COVID 19 di Indonesia terus meningkat sejak hamper sebulan lalu karena muncul subvariant dari Omicron yaitu BA.4 dan BA.5. Dan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memberikan penilaian jika situasi COVID 19 Indonesia kini ada di level 2....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)