home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Susul Status Darurat Jakarta, Ratusan Orang di Depok Dirawat Akibat DBD

Senin, 28 Januari 2019 16:18 by reinasoebisono | 888 hits
Susul Status Darurat Jakarta, Ratusan Orang di Depok Dirawat Akibat DBD
Image source: Okezone

DREAMERS.ID - Wilayah DKI Jakarta sempat mengeluarkan status darurat Demam Berdarah Dengue (DBD). Dan kini, wabah penyakit tersebut di kawasan Depok juga masih merajalela dan tercatat telah ada ratusan penderita DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti itu.

Melansir Okezone, hingga Minggu 27 Januari 2019, Dinas Kesehatan Kota Depok memiliki data jika angka penderita penyakit DBD di Kota Depok telah mencapai 187 orang dan diperkirakan masih terus bertambah.

"Total pasien yang dirawat ada 187 orang. Yang beralamat di Depok 133 orang, dari luar Depok ada 54 orang," kata Umi Zakiyati, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Depok.

Kondisi pasien DBD tersebutpun disebutkan Umi berbeda-beda. Ada yang harus dirawat inap, ada pula yang sedang hingga ringan sehinggat tidak sampai dirawat intensif. Namun ia menghimbau warga untuk terus memperhatikan kondisi kesehatannya.

Baca juga: Pertama Kali di Dunia, Peneliti Ungkap Demam Berdarah Bisa Menular Lewat Hubungan Seksual?

"Kita lihat (penurunan) trombositnya drastis, (ada yang) di bawah 100. Untuk menjaga agar tidak pendarahan, syok, harusnya dirawat di rumah sakit," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk melakukan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Hal ini bertujuan guna mengantisipasi berkembangnya jentik nyamuk aedes aegypti yang dapat menyebabkan penyakit DBD.

"Kami mengimbau kepada warga agar terus kerja bakti untuk memberantas jentik nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD. Kami juga berharap warga berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan," pungkasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Emmeril Khan Mumtaz yang sudah seminggu lebih dinyatakan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, hari ini resmi dinyatakan meninggal dunia oleh pihak keluarga sang Ayah, Ridwan Kamil. Pencarian telah dilakukan namun hingga kini belum membuahkan hasil....
  • HOT !
    Car Free Day atau memiliki nama lain Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta akan kembali diadakan menyusul adanya kelonggaran protokol Kesehatan COVID 19 dari pemerintah. Kegiatan yang kerap disebut CFD ini akan dilaksanakan hari Minggu 22 Mei 2022 mulai pukul 06.00 10.00 WIB....
  • HOT !
    Partai partai yang berkuasa dan oposisi telah membahas perlunya peninjauan cepat RUU yang memungkinkan superstar K pop BTS dan selebriti pop terkemuka lainnya untuk dibebaskan dari tugas wajib militer atau menggantinya dengan layanan publik lainnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)