home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Susul Status Darurat Jakarta, Ratusan Orang di Depok Dirawat Akibat DBD

Senin, 28 Januari 2019 16:18 by reinasoebisono | 862 hits
Susul Status Darurat Jakarta, Ratusan Orang di Depok Dirawat Akibat DBD
Image source: Okezone

DREAMERS.ID - Wilayah DKI Jakarta sempat mengeluarkan status darurat Demam Berdarah Dengue (DBD). Dan kini, wabah penyakit tersebut di kawasan Depok juga masih merajalela dan tercatat telah ada ratusan penderita DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti itu.

Melansir Okezone, hingga Minggu 27 Januari 2019, Dinas Kesehatan Kota Depok memiliki data jika angka penderita penyakit DBD di Kota Depok telah mencapai 187 orang dan diperkirakan masih terus bertambah.

"Total pasien yang dirawat ada 187 orang. Yang beralamat di Depok 133 orang, dari luar Depok ada 54 orang," kata Umi Zakiyati, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Depok.

Kondisi pasien DBD tersebutpun disebutkan Umi berbeda-beda. Ada yang harus dirawat inap, ada pula yang sedang hingga ringan sehinggat tidak sampai dirawat intensif. Namun ia menghimbau warga untuk terus memperhatikan kondisi kesehatannya.

Baca juga: Pertama Kali di Dunia, Peneliti Ungkap Demam Berdarah Bisa Menular Lewat Hubungan Seksual?

"Kita lihat (penurunan) trombositnya drastis, (ada yang) di bawah 100. Untuk menjaga agar tidak pendarahan, syok, harusnya dirawat di rumah sakit," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk melakukan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Hal ini bertujuan guna mengantisipasi berkembangnya jentik nyamuk aedes aegypti yang dapat menyebabkan penyakit DBD.

"Kami mengimbau kepada warga agar terus kerja bakti untuk memberantas jentik nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD. Kami juga berharap warga berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan," pungkasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Politisi muda Korea Selatan, Ryu Ho Jung dari Partai Keadilan beberapa kali menjadi perbincangan publik. Baru baru ini, ia menuai kontroversi lantaran menggunakan foto foto Jungkook BTS dalam pengumuman berita penyusunan Undang Undang Tato....
  • HOT !
    Sungai Han atau Hangang tidak hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi justru fakta mengejutkan baru saja terkuak dari hasil penelitian kandungan dalam air yang mengalir di sepanjang sungai....
  • HOT !
    Seorang mahasiswa kedokteran berusia 22 tahun bernama Son Jung Min ditemukan tewas di Sungai Han pada hari Jumat (30/4) setelah hilang selama enam hari, dan keluarganya sedang menunggu hasil otopsi untuk mengetahui bagaimana dia meninggal. Teman yang saat itu bersamanya dicurigai sebagai pelaku....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : petclinic di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)