home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penyelidikan Dugaan Keluarga Dimintai Biaya Jutaan untuk Ambil Jenazah Korban Tsunami Banten

Kamis, 27 Desember 2018 14:54 by reinasoebisono | 2758 hits
Penyelidikan Dugaan Keluarga Dimintai Biaya Jutaan untuk Ambil Jenazah Korban Tsunami Banten
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Di tengah pencarian dan evakuasi korban tsunami Banten-Lampung, salah satu keluarga korban mengaku harus mengeluarkan uang jutaan untuk mengambil jenazah dari RSUD dr Dradjat Prawinegara Serang.

Melansir Detik, kejadian ini menimpa satu keluarga besar dari Sumatera Utara yang tengah berlibur ke Carita, Pandeglang. Sebanyak tiga anggota keluarganya meninggal, yaitu Ruspita Simbolon, Satria Sinaga (6 bulan) serta Timoty Simbolon (11 tahun).

Untuk mengambil jenazah dari rumah sakit tersebut, perwakilan keluarga yang bernama Badiman Sinaga mengaku dimintai uang sebesar Rp 3.9 juta. Ia pun mengaku terkejut dan menuturkan pihak rumah sakit meminta uang tersebut untuk 3 hal, yaitu mobil jenazah, formalin dan pemandian jenazah.

"Kalau yang membayar itu keluarga, sebagai keluarga kami tidak terima," ujar Badiman

Kepolisian Polres Serang Kota pun menyelidiki adanya pungutan untuk pengambilan jenazah dan telah memanggil beberapa pihak untuk diperiksa. Termasuk menyelidiki apakah pungutan untuk korban tsunami ini juga terjadi pada korban lain.

Baca juga: Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?

"Kita klarifikasi betul kalau memang ada sudah bisa dinaikkan ke penyidikan," kata Kapolres Serang Kota AKBP Firman Affandi.

"Kalau memang ke korban lain kita akan dalami lagi," ujarnya. "Kita rapat dulu dengan bupati Serang, terus kita sepakat untuk kasus ini dilanjutkan ke penyelidikan,"

Sementara itu Plt Direktur RSUD Serang Sri Nurhayati membantah pihaknya memungut uang untuk pengambilan jenazah. Ia mengatakan pelayanan rumah sakit telah maksimal dan optimal.

"Terhadap pembiayaan dan kuitansi yang beredar di media massa, kami tegaskan bukan kuitansi resmi RSDP. Hal itu di luar sepengetahuan manajemen dan direksi RSDP," kata Sri.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)