home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Patahan atau Gempa, Humas BNPB Sutopo Bocorkan Penyebab Amblasnya Jalan Gubeng

Rabu, 19 Desember 2018 11:49 by reinasoebisono | 3509 hits
Bukan Patahan atau Gempa, Humas BNPB Sutopo Bocorkan Penyebab Amblasnya Jalan Gubeng
Image source: Sutopo BNPB/Twitter

DREAMERS.ID - Memang tak hanya soal bencana alam saja, namun Kepala Pusat Data Informasi dan Humaas BNPB Sutopo juga kerap meluruskan kabar hoax atau pun yang masih simpang siur yang beredar terkait fenomena yang terjadi.

Salah satunya adalah kejadian tanah amblas yang terjadi di salah satu jalan utama Surabaya, Jalan Gubeng. Masih dalam proses penyelidikan oleh pihak kepolisian, Sutopo pun mengklarifikasi apa sebenarnya penyebab runtuhnya tanah yang menyebabkan terbentuknya lubang di tengah jalan itu.

Sutopo pun menampik jika kejadian itu adalah efek dari sesar gempa atau patahan Surabaya dan Waru. Karena diklarifikasi via laman Twitternya, Sutopo mengatakan jalan tersebut amblas lebih dikarenakan karena kesalahan konstruksi.


Image source: Sutopo BNPB/Twitter

Baca juga: Tak Ada Hujan dan Angin, Begini Dugaan Penyebab Amblasnya Jalan Gubeng hingga Jadi Jurang

"Dinding penahan jalan (retaining wall) tidak mampu menahan beban," ungkapnya. Kondisi dinding penahan jalan tersebut semakin diperparah dengan cuaca Surabaya yang belakangan ini sedang hujan. Potensi amblesnya jalan pun semakin memungkinkan, mengutip IDN Times.

Memang tengah dikerjakan suatu pembangunan di area tersebut, namun belum ada konfirmasi lanjut soal kejadian ini dari pihak yang terlibat dalam pembangunan. Sutopo juga mengunggah foto jalan sebelum kejadian yang memperlihatkan dinding galian tidak kuat menahan beban dinding di dekat jalan.

"Getaran dari kendaraan menyebabkan tanah ambles. Konstruksi dinding tidak kuat," tambah Sutopo.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)