home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Forensik Mengapa Jangan Coba-coba Evakuasi Sendiri Korban Jika Jadi Saksi Bencana

Jumat, 30 November 2018 10:46 by reinasoebisono | 1403 hits
Penjelasan Forensik Mengapa Jangan Coba-coba Evakuasi Sendiri Korban Jika Jadi Saksi Bencana
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Tidak sedikit kejadian warga menemukan jenazah yang menjadi korban bencana massal seperti pengeboman, bencana alam, kecelakaan atau lainnya. Padahal, tidak disarankan untuk coba-coba mengevaluasi korban sendiri.

Meski tujuannya untuk membantu, tapi tetap lebih baik menyerahkan hal tersebut pada ahlinya atau pada pihak berwajib. Hal ini dijelaskan oleh ahli forensik jika menjadi saksi dan menemukan jenazah atau potongan tubuh jenazah.

Melansir Detik, dr Mohammad Ardhian Syaifuddin, SpF mengatakan sebaiknya melaporkan dulu ke pihak yang wajib demi menghindari mengintervensi tempat kejadian perkara (TKP) dan biarkan tetap dalam kondisi seperti awal ditemukan.

"Biarkan orang-orang yang ahli yang mengevakuasi," tuturnya.

Karena setiap jenazah, baik utuh atau pun tidak nantinya akan dicatat oleh pihak BASARNAS terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke kantong. Sehingga ia menegaskan untuk saksi bencana yang termasuk awam jangan sampai memindahkan korban.

Hal yang sama disampaikan oleh dr Oktaviana Safitry dari tim Disaster Victim Identification (DVI) yang mencontohkan ketika dirinya terlibat dalam identifikasi Tragedi Bom Bali 2002 di mana banyak sekali jenazah tak utuh berceceran dan saksi yang heboh. Namun sangat diutamakan bagi yang menemukan jenazah secepat mungkin melaporkan ke pihak berwajib untuk ditangani.

"Kita sebagai orang Indonesia yang bawaannya pengen bantu gitu ya, kalau memang (menemukan korban yang) sudah meninggal ya jangan diapa-apain. Kalau misalnya masih hidup ya kita harus tolong," terang dr Oktaviana.

Namun bukan berarti diam saja dan tidak ada hal yang bisa dilakukan jika kita menjadi saksi bencana massal semacam itu. Ia menuturkan, kita bisa memotret korban untuk sesegera mungkin dilaporkan.

"Kalau memang kita bisa memotret ya, foto. Foto sedapetnya. Kalau memang nggak bisa juga ya setidaknya kita tidak mengganggu TKP-nya. Jangan mengintervensi. Kita foto apa adanya, kita lapor apa adanya," tandasnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)