home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Baru dari Black Box: Pilot Lion Air Tetap Berjuang Terbangkan Pesawat Sebelum Jatuh

Rabu, 28 November 2018 21:54 by noudi0501 | 1155 hits
Fakta Baru dari Black Box: Pilot Lion Air Tetap Berjuang Terbangkan Pesawat Sebelum Jatuh
Image source: today.line.me

DREAMERS.ID - Data penerbangan dalam kotak hitam Lion Air JT610 yang jatuh pada 29 Oktober lalu menunjukkan upaya keras pilot menaikkan hidung pesawat yang selalu turun. Pengungkapan ini selaras dengan laporan salah satu media yang menyebut ada kesalahan sistem kendali pada Boeing 737 Max 8.

Dalam pemaparan laporan awal penyelidikan Flight Data Recorder (FDR) salah satu bagian kotak hitam Lion Air JT610, Rabu (28/11), Komisi Nasional Keselamatan Transportai (KNKT) menyebut pilot mengalami masalah kendali dalam penerbangan dari Jakarta menuju Pangkal Pinang.

Ketika pilot menaikkan flap pesawat, secara otomatis sistem menurunkan hidung pesawat atau nose down. Data kotak hitam menunjukkan, pilot langsung menaikkan hidung pesawat atau nose up. 

Namun yang terjadi kemudian, hidung pesawat kembali turun lagi, lalu dinaikkan lagi oleh pilot. Kondisi ini terjadi berkali-kali hingga pesawat jatuh di laut 13 menit setelah lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Sebanyak 189 kru dan penumpang tewas dalam peristiwa ini.

"Pergerakan nose up dan down berlangsung lagi hingga akhir rekaman penerbangan," kata Kepala Sub Komite Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo dalam keterangannya.

Dalam kondisi itu, kata Nurcahyo, pilot melaporkan ke menara pengawas bahwa ketinggian pesawat tidak bisa dipertahankan. Pilot lantas meminta menara pengawas untuk mengamankan wilayah udara di bawah dan atas pesawat.

Baca juga: 4 Maskapai Besar Indonesia Turunkan Tarif Penerbangan

"Pilot minta controller menutup ketinggian 3.000 di atas dan di bawah. Hal ini untuk menghindari adanya tabrakan di udara," kata Nurcahyo.

Menurut Nurcahyo juga, kondisi ini terjadi akibat beberapa kerusakan yang terjadi di pesawat yang baru dibeli pada Agustus itu. Kerusakan ini telah ditemui di penerbangan sebelumnya, dari Denpasar ke Jakarta.

"Dalam peristiwa ini ada multiple malfunction," kata Nurcahyo lagi.

Laporan pemeriksaan kotak hitam ini sesuai dengan dugaan sebelumnya yang menyebut adanya kerusakan pada sistem kendali penerbangan Boeing 737 Max 8. Kerusakan ini dan panduan cara pilot mengatasinya baru diberitahu oleh pihak Boeing setelah insiden Lion Air terjadi, menewaskan 189 kru dan penumpang.

Sumber penyidik sebelumnya kepada Wall Street Journal (WSJ) bulan lalu mengatakan, jika Boeing memberitahukannya lebih dulu bisa jadi insiden Lion Air ini bisa dihindari. Pasalnya sistem ini tidak ada di 737 versi sebelumnya sehingga tidak familiar di kalangan penerbang.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Kementerian Pertahanan Korea Selatan menekankan bahwa perlunya "kehati hatian" dalam mempertimbangkan apakah akan mengizinkan pembebasan dinas militer aktif untuk superstar K pop BTS dan artis top lainnya, dengan alasan populasi negara yang menyusut dan faktor lainnya....
  • HOT !
    Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the Korean Society of School Health, mengatakan bahwa penggemar obsesif K pop dan mereka yang memiliki minat mendalam pada bidang tertentu lainnya cenderung lebih bahagia daripada yang lain....
  • HOT !
    Putri Charlotte anak dari Pangeran William dan Kate Middleton disebut sebut sebagai anak terkaya di dunia. Menurut studi perusahaan mainan, Electric Rides on Cars, kekayaan bersih Putri Charlotte sebesar £ 3,6 miliar atau sekitar Rp 70 triliun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)