home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Teka-teki yang Tersisa dari Bencana Gempa-Tsunami di Palu dan Donggala

Sabtu, 06 Oktober 2018 19:30 by reinasoebisono | 9552 hits
Ternyata Ada Teka-teki yang Tersisa dari Bencana Gempa-Tsunami di Palu dan Donggala
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Beberapa fakta tentang gempa dan tsunami Palu dan Donggala memang telah terungkap, seperti tepat ketinggian dan waktunya. Hal ini didapatkan dari stasiun pengamatan pasang surut Badan Informasi Geospasial (BIG) di Pelabuhan Pantoloan, Palu.

Namun ada pertanyaan lanjutan tentang apakah skenario gempa nantinya berubah? Karena prediksi dan ilmu sebelumnya, sesar patahan mendatar tidak menyebabkan tsunami tinggi seperti yang terjadi di kawasan Sulawesi Tengah itu.

Menurut Widjo Kongko, ahli tsunami dari Badan Pengkajian dan Pernerapan Teknologi (BPPT), hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi secara detail sumber tsunami Palu pada Jumat (28/9/2018) lalu dari apa, terutama untuk menjawab apakah asumsi longsoran bawah laut dalam tsunami tersebut benar terjadi.

Baca juga: Mekanisme 'Tak Lazim' Tsunami Palu Sebabkan Kekeliruan Peringatan Dini Terungkap Karena Media Sosial

Karena ini sebetulnya kan sumbernya sesar geser. Dan sesar geser biasanya tidak (menimbulkan tsunami) terlalu tinggi," kata Widjo melansir Kompas. "Tetapi dalam model saya, yang sesar geser tanpa longsoran itu pun sudah sampai (ketinggian tsunami) hampir 2 meter," 

Karena itulah yang menurut Widjo terjadi spekulasi adanya longsor di bawah laut atau gempa bumi di dalamnya. "Jadi campur gitu," ujarnya.

"Survei yang kami lakukan dengan Baruna Jaya I adalah pemetaan batimetri atau pemetaan bawah laut," tutur Widjo. "Jadi nanti kelihatan ada longsoran atau tidak. Survei kita sangat penting (untuk mengetahui hal tersebut),"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)