home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta-fakta Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah yang Ternyata Terasa hingga di Kalimantan

Sabtu, 29 September 2018 08:31 by reinasoebisono | 2272 hits
Fakta-fakta Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah yang Ternyata Terasa hingga di Kalimantan
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Gempa berkekuatan 7.4 SR yang melanda Donggala, Sulawesi Tengah masih jadi pemberitaan hangat karena dikabarkan sekitar 500 BTS Telekomunikasi di sana padam. Belum lagi informasi tentang kondisi masyarakat di sana yang belum bisa diakses membuat sanak saudara di luar Donggala dan Palu cemas.

Seperti yang diketahui, daerah Palu juga mengalami gempa 5.9 SR di mana dari beberapa fakta yang dihimpun dari laman Detik, hal ini disebabkan bergeraknya patahan kerak bumi atau Sesar Palu-Koro yang terbentang dari Teluk Palu hingga Lembah Koro.

Sesar aktif ini melewati Kota Palu, Toraja, Poso dan Teluk Bone.  Pergerakannya adalah sesar mendatar (slike-slip) yang berarti antara lempeng bumi satu dan lempeng bumi lain bergerak sejajar. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Palu-Koro," demikian pernyataan Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Gempa ini pun mengakibatkan tsunami yang menerjang Kota Palu dengan ketinggian air sekitar 3 meter. Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat akun Twiter-nya, Jumat (28/9). Tsunami ini diperkirakan terjadi mulai pukul 17.22 WIB dan berakhir pukul 17.36 WIB di mana rumah-rumah di Palu hancur diterjang tsunami itu. Tsunami juga dilaporkan terjadi di Donggala yang menerjang pantai.

Berdasarkan penjelasan BMKG, guncangan gempa bumi dirasakan di Palu dan Mapaga pada III SIG (Skala Intensitas Gempa) BMKG, Donggala III SIG BMKG, Gorontalo dan Poso II SIG BMKG, Majene dan Soroako II SIG BMKG, Kendari, Kolaka, Konawe Utara, Bone, dan Sengkang II SIG BMKG, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara II SIG BMKG, Makassar, Gowa, dan Toraja I SIG BMKG. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)