home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mirisnya Korupsi Massal di Malang, Pengamat Sosiolog: Hati Nurani Hilang

Selasa, 04 September 2018 23:00 by mikhael | 1094 hits
Mirisnya Korupsi Massal di Malang, Pengamat Sosiolog: Hati Nurani Hilang
Image Source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Korupsi yang sedang merajalela di kalangan para elit politik, kini seakan menjadi sebuah hal biasa yang dilakukan tanpa mengenal hati nurani. Itulah anggapan yang dilontarkan oleh Sosiolog  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Yosafat Hermawan Trinugraha.

Seperti dilansir Okezone, Yosafat menyatakan kasus korupsi 41 dari 45 anggota kota DPRD Malang ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah bentuk hilangnya hati nurani wakil rakyat. Sebab sebagai anggota dewan, mereka tidak segan-segan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama.

"Korupsi massal ini memperlihatkan hilangnya hati nurani wakil rakyat dan pejabat negara. Mereka menganggap hal tersebut sebagai perbuatan biasa dan lumrah dilakukan secara bersama," jelas Yosafat kepada Okezone, Selasa (4/9/2018).

menerangkan, guna membuat adanya efek jera kepada mereka, perlu konsistensi dilakukan penindakan hukum bagi pelaku korupsi.

"Yang tak kalah pentingnya sebagai bentuk langkah prefentif adalah penumbuhan kesadaran bahwa potensi korupsi ada di semua level sampai terkecil. Semua harus menyadari dan sebisa mungkin menghindarinya," lanjut dia.

Kemudian, terang Yosafat, penting juga ditumbuhkan jiwa pelenggara negara adalah sebagai pelayan masyarakat, bukan pemilik kekuasaan.

"Mungkin juga perlu perubahan mental bahwa para penyelenggara negara itu sebenarnya pelayan rakyat, bukan elite masyarakat yang bisa mempermainkan kekuasaan dan uang demi kepentingan sendiri," paparnya.

Sebagaimana diketahui, KPK telah menetapkan 41 dari 45 anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka. Mereka terlibat kasus dugaan suap dari wali kota nonaktif Mochammad Anton terkait pengesahan RAPBD-P Kota Malang Tahun 2015.

Baca juga: Perlukah 106 Anggota DPRD DKI Terpilih Dapat Pin Emas Rp 1.3 Miliar?

 

                                                                                                                                      

 

 

 

 

 

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)