home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral! Video KSAD Buang Pangkatnya Demi Ajarkan Sesuatu Pada Anak Buahnya

Selasa, 04 September 2018 16:30 by mikhael | 23003 hits
Viral! Video KSAD Buang Pangkatnya Demi Ajarkan Sesuatu Pada Anak Buahnya
Image Source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Jabatan dan kuasa terkadang tak langsung membuat orang tinggi hati dan gengsi, justru sebaliknya mengajarkan sesuatu kepada bawahannya.  Seperti kejadian viral dikalangan tentara Angkatan Darat Ini.

Dilansir Liputan6, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono membuang pangkatnya di hadapan prajurit Kopassus dalam kegiatan Penyematan Brevet Komando di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur. Aksi ini direkam dan disebar di dunia maya hingga menjadi viral di media sosial.

Dalam rekaman itu, Mulyono tampak memanggil tiga prajurit ke atas panggung. Setelah itu, ia merangkul prajurit-prajurit tersebut.

"Ini jantungnya mau copot dia," ucap Mulyono di Cijantung, Rabu (29/8/2018) seraya mendekatkan telinga ke arah jantung prajurit di sampingnya.

"Anda jangan melihat saya, 'Duh bintangnya empat, perentet-perentet, di kiri empat, di kanan empat, di baret empat'," ujar Mulyono.

"Aku yakin kamu lihatnya seperti itu, iya toh?" tanyanya ke salah satu prajurit. Ia menganggap dirinya yang adalah atasan mereka ditakuti para prajurit.

Setelah itu, KSAD TNI ini melakukan hal yang tidak diduga-duga. Ia melemparkan pangkatnya ke lantai seraya berkata, "Apa ini prada (prajurit dua) ini, buang, buang."

Baca juga: Viral Video Cerdik TNI Ungkap Penyusup di Kalangan Mahasiswa Demo

Melihat tindak tersebut, ketiga prajurit yang berada di panggung sontak menunduk dan mengambil pangkat yang dilemparkan Mulyono ke lantai, lalu menyerahkannya kembali ke Mulyono.

Tentara yang berada di lapangan bertugas mengamankan negara. Ia mencontohkan Andri, salah satu prajurit yang berada di kanannya yang berhasil menembak Gerakan Pengacau Keamanan (GPK) dan mendapat tiga pucuk senjata.

"KSAD di mana? KSAD tidur. Jam 12 malam KSAD tidur, ia (Andri) yang ngendap-ngendap dapat senjata tiga pucuk. Yang hebat siapa? Andri." lanjutnya lagi.

Mulyono menegaskan bahwa tidak boleh ada rasa takut antara atasan dan bawahan. "Kamu punya masalah apa? Tanya sama saya. Saya tidak ingin tentara ada manajemen ketakutan," tegasnya.

KSAD TNI ini menyebut ada beberapa keuntungan bila tentara bertanya kepada atasannya, yaitu tentara tersebut punya keberanian dan kepedulian. Pertanyaan seorang prada bisa jadi dinikmati oleh seluruh prajurit.

"Anda tidak boleh takut dengan saya, tapi takutlah dengan tugas dan tanggung jawabmu itu," ujar Mulyono.

Ia menyebut bila tentara takut dengan atasan, maka pekerjaannya akan menjadi kucing-kucingan. "Tidak usah karena saya mau datang, dibersihkan, dibuat. Tidak ada. Itu kewajiban kalian sehari-hari," ujar Mulyono. 

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    Terbiasa dengan pelat hitam tulisan putih di kendaraan pribadi? Nantinya hal itu akan berubah, Dreamers. Karena Korlantas Polri akan segera menerapkan perubahan warna pelat nomor kendaraan pribadi yang tentu berimbas juga pada pelat jenis kendaraan lain....
  • HOT !
    Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengonfirmasi jika nama ibu kota negara yang telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi adalah ‘Nusantara’. Berbagai komentar pro dan kontra pun mengikuti pengumuman ini....
  • HOT !
    Selain menjadi tahun penuh tantangan, ada sederet momen memprihatinkan yang menambah perjuangan perjalanan 2021. Mulai dari bencana alam, hingga hilangnya moda transportasi besar nasional....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)