home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Mahasiswa Tersangka Pembobol 4 Ribu Data dan Kartu Kredit

Kamis, 30 Agustus 2018 10:00 by mikhael | 1098 hits
Inilah Mahasiswa Tersangka Pembobol 4 Ribu Data dan Kartu Kredit
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Modus kejahatan pembobolan kartu kredit sempat hangat diperbincangkan, pasalnya jumlah nya hingga empat ribu data dan dana yang kesemuanya milik warga Australia.

Adalah Dedek Saputra Chaniago dan Adhitya Rahman yang merupakan pihak dibalik kejahatan tersebut. Seperti dilansir Okezone, mereka yang berstatus mahasiswa ini melakukan aksinya dengan menggunakan aplikasi SQLi Dumper.

Hal itu dijelaskan oleh Direktur Tindak Pidana Cyber Bareskrim Polri Brigjen Albertus Rahmad Wibowo. Dia mengatakan, aplikasi tersebut dapat memiliki data-data email dari pembeli barang online yang menggunakan e-commerce di Australia.

"Pelaku lalu mengirimkan berita atau iklan lewat email. Ketika korban mengklik berita atau iklan itu, maka korban akan diarahkan ke halaman website Paypal palsu yang sudah dibuat tersangka AR," katanya di Gedung Dirtipid cyber Bareskrim, Jalan Jatibaru Raya, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (28/8/2018).

Setelah korban 'ngeklik' Paypal palsu, para pelaku memasukan kode dan data-data korban, agar transaksi menggunakan kartu kredit korban bisa dilakukan.           

Baca juga: Pembobol Nasabah Kartu Kredit Berhasl Diringkus Polisi

"Pelaku meminta untuk memasukkan data-data yang berisi nomor kartu kredit, data diri, foto pribadi, foto kartu kredit depan belakang," ucapnya

Namun aksi yang sudah dilakukan selama dua tahun akhirnya terendus pihak kepolisian. Kasus ini awalnya terungkap dari laporan warga. Setelah dilakukan pengusutan, polisi Australia mengungkap bahwa ada warga New South Wales dan Cairns, Quensland bernisisal SA yang juga warga negara Indonesia menjadi penampung barang pesanan pelaku.

"Belum sampai Indonesia, sudah disita kepolisian Cairns. Namun, karena dia hanya sebagai penerima properti ilegal, maka ancaman hukuman hanya 500 Dolar Australia," tutupnya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 362 KUHP dan 378 KUHP dengan ancaman kurungan diatas 5 tahun.

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)