home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anjloknya Mata Uang Turki Ternyata Mampu Berimbas Pada Rupiah Karena Sama-sama Negara Berkembang?

Senin, 13 Agustus 2018 13:23 by reinasoebisono | 2173 hits
Anjloknya Mata Uang Turki Ternyata Mampu Berimbas Pada Rupiah Karena Sama-sama Negara Berkembang?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Krisis ekonomi menjadi topik luas di dunia dan berbagai negara melakukan upaya untuk menekan jatuhnya nilai mata uang terhadap dollar Amerika Serikat yang memang masih menjadi tolak ukur currency. Sayangnya, Turki disebut tak mampu membendung krisis ekonomi yang melanda negaranya.

Karena melansir Kompas, nilai tukar mata uang Turki, yaitu Lira merosot tajam. Hingga Jumat (10/8), posisi Lira anjlok 15.88% ke level 6.4323 pr dollar Amerika Serikat. Jika dihitung sejak awal tahun, Lira telah melemah 43% terhadap dollar.

Namun terlepas dari angka-angka di atas, depresiasi mendalam yang dialami Turki ini berpotensi ikut menyeret rupiah. Karena selain sesama mata uang emerging market, nilai tukar mata uang rupiah sendiri masih belum stabil karena beberapa sentimen domestik maupun eksternal yang ada.

Baca juga: Penggemar Stray Kids Jadi Korban Gempa di Turki, Pernah Tulis Surat Mengharukan

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Ahmad Mikail menjelaskan, minat investor asing di pasar obligasi terhadap Indonesia juga berpotensi mengendur. "Ini yang akan menekan nilai tukar rupiah di perdagangan besok (Senin)," ujarnya.

Namun menyiratkan jangan terlalu khawatir, Mikail meyakini kurs rupian tidak akan jatuh begitu dalam karena anjloknya mata uang Lira. Karena kondisi fundamental perekonomian Indonesia masih jauh lebih kuat ketimbang Turki meski masih sama-sama berstatus negara berkembang.

"Dari segi rating obligasi, Turki juga hanya mendapat peringkat BB- (double B minus) dari lembaga S&P. Sementara, rating kita lebih baik yaitu BBB- (triple B minus)," kata Mikail.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)