home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengapa Gempa Lombok Sebabkan Tsunami Meski Terjadi di Darat?

Senin, 06 Agustus 2018 10:32 by reinasoebisono | 942 hits
Mengapa Gempa Lombok Sebabkan Tsunami Meski Terjadi di Darat?
Image source: iNews

DREAMERS.ID - Lombok diguncang gempa bumi besar berkekuatan 7 Skala Richter (SR) yang berpusat di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Sempat terjadi tsunami meski tidak dengan ari yang tinggi namun peringatan tsunami juga dikeluarkan oleh BMKG. Mengapa tsunami terjadi meski gempa berpusat di darat?

Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Harry Djatmiko mengatakan jika gempa 7 SR itu memang berpusat di darat. Tepatnya, melansir Detik, terjadi di titik  8.37 LS dan 116.48 BT pada kedalaman 15 km. Namun, patahan gempa tersebut terjadi sampai ke laut.

Hal itu lah yang menyebabkan terjadi tsunami hingga ke darat. Selain itu, gempa bumi tersebut termasuk dalam kategori gempa dangkal. Awalnya, gempa itu dilaporkan terjadi pada hari Minggu (5/6) pukul 18.46 WIB. Namun BMKG melakukan pemutakhiran informasi dan menyebut kekuatan gempanya 7 SR serta berpotensi tsunami.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

"Itu karena patahannya sampai ke laut. Jadi itu yang menyebabkan kami tetap firm mengeluarkan peringatan dini tsunami. Dia di darat tapi tidak jauh dari pantai," kata Harry.

Namun peringatan tsunami itu dicabut pada pukul 20.25 WIB oleh pihak BMKG. Masyarakat NTB pun mengungsi ke dataran lebih tinggi dan diimbau untuk tetap tenang dan kembali ke rumah masing-masing.

"Berdasarkan laporan BMKG telah ada tsunami dengan ketinggian tsunami yang masuk ke daratan 10 cm dan 13 cm," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. "Diperkirakan maksimum ketinggian tsunami 0,5 meter,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)