home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tangis dan Permintaan Maaf Sukmawati Atas Puisi Kontroversial Kidung VS Azan

Rabu, 04 April 2018 16:20 by reinasoebisono | 2076 hits
Tangis dan Permintaan Maaf Sukmawati Atas Puisi Kontroversial Kidung VS Azan
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Setelah sebelumnya menyangkal jika puisi kontroversialnya mengandung unsur SARA dan penistaan agama, Sukmawati Soekarnoputri akhirnya muncul ke hadapan publik seraya meminta maaf atas karyanya di gelaran fashion show Indonesia Fashion Week 2018.

Ia berbicara mengenai puisi karangannya yang berjudul ‘Ibu Indonesia di konferensi pers di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (4/4) hari ini. Melansir Detik, ada lima poin yang disampaikan Sukmawati, di mana pada poin kelima, ia meminta maaf dan menangis.

"Dari lubuk hati yang paling dalam saya mohon maaf lahir dan batin, kepada umat Islam Indonesia," ujar Sukmawati. "Dengan ini saya mohon maaf lahir dan batin kepada umat Islam di Indonesia, khususnya bagi yang merasa tersinggung terhadap puisi,"

Menurutnya lagi, diungkapkan Sukmawati jika puisi tersebut ia buat dan dibacakan karena mengikuti tema pagelaran busana yang tengah berlangsung. Seperti diberitakan sebelumnya, anak dari Presiden Pertama, Soekarno itu membacakan puisi saat acara runway desainer Anne Avantie.

Baca juga: Makna Di Balik Ajakan Ramai-ramai Memaafkan Sukmawati Karena Puisi 'Kidung VS Azan'

"Saya sebagai seniman dan budayawan, ini murni karya satra saya mewakili pribadi tidak ada niatan menghina Islam dengan puisi. Saya muslim yang bangga dengan keislaman," tegas Sukmawati.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, 

Dalam isi puisi tersebut, Sukmawati menyinggung kidung lebih merdu dari azan serta sari konde yang lebih cantik dari cadar. Hal ini menuai protes keras dari berbagai kalangan yang menganggap Sukmawati memercik kembali api Ahok Jilid II.

“Aku tak tahu syariat Islam. Yang kutahu suara kidung Ibu Indonesia, sangatlah elok. Lebih merdu dari alunan azan mu” begitu salah satu kutipan puisi Sukmawati.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)