home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penilaian Dua Pihak Soal Habib Rizieq 'Tak Bernyali' untuk Pulang ke Indonesia: Malu Dong!

Kamis, 22 Februari 2018 13:27 by reinasoebisono | 1887 hits
Penilaian Dua Pihak Soal Habib Rizieq 'Tak Bernyali' untuk Pulang ke Indonesia: Malu Dong!
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Tak disangka, pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sudah 7 kali batal pulang ke Indonesia setelah muncul kabar dan kehebohan kepulangan hingga penyambutan oleh simpatisan berkali-kali. Tak heran muncul spekulasi dirinya benar menghindari pemeriksaan polisi sejak April 2017.

Aksi ‘maju-mundur’ kepulangannya ini dikritisi oleh sejumlah pihak, termasuk pengamat politik Universitas Indonesia Arbi Sanit yang mendapat perhatian netizen. Arbi menyayangkan sikap pria berpanggilan Habib Rizieq itu yang tidak seperti pejuang Islam terdahulu.

Dicontohkan, sikap ulama sejati layaknya Buya Hamka yang berani menghadapi tudingan melakukan subversi atau dugaan menjatuhkan kekuasaan yang sah hingga dipenjara pada 1964 oleh rezim Presiden Soekarno.

"Tapi dia tidak akan ada keberanian untuk kembali, tidak seperti pejuang Islam seperti Buya Hamka," kata Arbi mengutip Detik. Ia juga mengatakan informasi seolah akan kembali ke Indonesia tak lebih dari siasat untuk menguji pendapa tpublik dan menjaga dukungan terhadap dirinya.

"Ia hanya menguji pendapat masyarakat dan pemerintah. Padahal kalau sudah tujuh kali tidak datang, itu artinya ngibul saja," ucapnya. "Sudah berkali-kali tapi nyatanya tidak, kan berarti ngibul aja itu,"

Baca juga: Ini Empat Amanat Habib Rizieq Shihab Dari Mekkah Terkait Social Distancing dan Masjid

Di tempat terpisah, Ketua Umum GP Anshor, Yaqut Cholil Qoumas juga punya penilaian yang sama. Menurutnya, kabar kepulangan Rizieq Shihab sengaja digembar-gemborkan untuk merawat ingatan massa agar tak tergerus isu politik.

"Dia tidak berani menghadapi konsekuensi ini. Lalu disebar kabar seolah akan pulang untuk merawat ingatan massa. Itu aja sih," katanya.

Dalam penilaian pribadinya, Yaqut yakin Habib Rizieq tak akan kembali dalam waktu dekat karena polisi akan langsung menangkap dan menahannya begitu tiba di Tanah Air. Jika harus membandingkan, Rizieq Shihab dengan Hamka, ia hanya merujuk sikap mantan Gubernur DKI Jakarta Ahok yang lebih bernyali menghadapi proses hukum hingga mendekam dalam penjara.

"Ahok itu gentleman. Masa ini imam besar kok malah lari. Malu dong!" ucap Yaqut.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)