home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siaga Satu, Prediksi Waktu Kiriman Air Tiba di Katulampa Buat Jakarta Waspada Banjir

Senin, 05 Februari 2018 10:40 by reinasoebisono | 1714 hits
Siaga Satu, Prediksi Waktu Kiriman Air Tiba di Katulampa Buat Jakarta Waspada Banjir
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Bendungan Katulampa di Bogor, menaikkan status menjadi siaga satu pagi ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pun menyatakan Jakarta waspada banjir via Twitter resminya.

Pada pukul 09.05 WIB, ketinggian air di Katulampa mencapai 240 meter dan membuat BPBD DKI Jakarta menyiarkan peringatan banjir terutama di daerah bantaran kali Ciliwung.

“Kami sudah sebarkan peringatan ini, juga SMS blast (ke masyarakat di wilayah-wilayah DKI waspada banjir),” ujar Kepala BPBD DKI Jakarta Jupan Royter mengutip CNNIndonesia.com, Senin (5/1).

Air dari Bendungan Katulampa itu pun diprediksi akan mencapai Jakarta dalam kurun waktu sembilan jam lagi. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, banjir diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah.

“Diprediksikan sekitar 9 jam ke depan debit banjir akan sampai di Pintu Air Manggarai, Jakarta,” kata Sutopo dalam keterngan tertulisnya.

Baca juga: Pertama Kali dalam 20 Tahun, Lokasi Wisata Pulau Nami Terendam Banjir

Sutopo juga menghimbau agar warga yang berada di sekitar bantaran Ciliwung tidak beraktifitas di pinggir sungai. Kawasan di Jakarta yang diperkirakan akan diterjang luapan air adalah Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Bidara Cina dan Kampung Melayu.

Sementara itu hingga kini diberitakan hujan masih terjadi di Bogor sehingga ada kemungkinan debit air akan bertambah. Meski begitu, diperkirakan banjir yang terjadi tidak akan besar karena hujan tidak turun merata.

Februari adalah puncak hujan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Menurut Sutopo, potensi banjir akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya curah hujan. Karena itu masyarakat dihimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi banjir dan genangan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)