home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Miris, Puluhan Anak Meninggal dan Ratusan Lainnya Terkena Wabah Campak di Asmat

Senin, 15 Januari 2018 17:00 by Dits | 1017 hits
Miris, Puluhan Anak Meninggal dan Ratusan Lainnya Terkena Wabah Campak di Asmat
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID -Ditengah-tengah permasalahan politik yang sedang memanas di Tanah Air, kondisi memprihatinkan nyata sedang melanda kabupaten Asmat, Papua. Puluhan anak meninggal dunia sementara ratusan lainnya menderita wabah campak yang tersebar di 23 distrik kabupaten Asmat.

Wabah campak serta persoalan gizi buruk disebut sebagai penyebab buruknya kondisi anak-anak di Asmat. Hal itu disampaikan langsung oleh Uskup Agats Mgr Aloysius Murwito. “Dalam kunjungan saya ke sejumlah kampung, sering dijumpai petugas puskesmas pembantu (pustu) yang tidak ada di tempat. Jarak kampung dan puskesmas berjauhan dan sulit dijangkau karena hanya dapat ditempuh dengan transportasi air. Di Asmat tidak ada jalan darat,” ungkap Uskup Agats Mgr Aloysius Murwito kepada Kompas, Senin (15/1).

Kondisi diperparah dengan pelaksanaan kebijakan pemda yang kurang maksimal, petugas yang dinilai kurang dedikasi, imunisasi yang tidak menjangkau tiap anak hingga minimnya alat komunikasi. Akibatnya, kondisi kesehatan di Asmat masih dibawah standar normal yakni hanya 40 persen.

“Akibat anak-anak terkena wabah campak, maka kondisi kesehatannya semakin krisis. Data yang kami dapatkan dari Dinas Kesehatan setempat, 58 anak dinyatakan meninggal akibat wabah yang tersebar di 23 distrik dengan total penderita 471 anak,” jelasnya.

Mirisnya, makanan bergizi seperti sayuran dan ikan sangatlah kurang di Asmat. Masyarakat yang tinggal di distrik tak terkecuali ibu hamil dan menyusui juga tak hidup sehat hingga air susu yang dikeluarkan tidak berkualitas.

“Kalau kehidupan di distrik yang dekat dengan pusat kabupaten, masyarakatnya tampak lebih sehat karena lebih mudah dapat uang dari penjualan ikan. Kesadaran masyarakatnya untuk hidup sehat pun lebih baik,” imbuhnya.

Sebagai informasi, kesulitan di Asmat juga tak lepas karena faktor transportasi. Dari keterangan yang didapat, jenis transportasi air lah yang bisa menghubungkan satu distrik dengan distrik lainnya. Terlebih lagi, masih kurangnya jaringan komunikasi di wilayah tersebut. 

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)