home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ledakan-ledakan Listrik Akibat Dampak Gempa Hebat Laut Karibia Berujung Peringatan Tsunami

Rabu, 10 Januari 2018 13:50 by reinasoebisono | 1431 hits
Ledakan-ledakan Listrik Akibat Dampak Gempa Hebat Laut Karibia Berujung Peringatan Tsunami
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Berita gempa yang terjadi di Honduras meramaikan pemberitaan dunia karena memiliki skala sangat besar, yaitu 7.6 Skala Richter (SR) pada Selasa (9/1) malam waktu setempat atau hari Rabu (10/1) waktu Indonesia.

Meski terjadi di laut, sekitar 519 kilometer sebelah timur Kepulauan Honduras, gempanya terasa hingga ibu kota, Tegucigalpa. Peringatan tsunami pun telah dikeluarkan oleh otoritas setempat yang menghimbau masyarakat untuk bersiaga.

Melansir CNN Indonesia, Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan gempa yang semula tercatat berkekuatan 7,8 skala richter itu berpusat 202 kilometer dari timur Laut Barra Patuca, salah satu pulau terkecil Honduras, dan 307 kilometer dari barat daya George Town, Kepulauan Cayman.


Image source: Earthquake.usgs.gov

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Namun guncangan gempa sangat terasa di daratan karena dilaporkan berada hanya di 10 kilometer dari bawah laut. Hingga kini belum ada aparat berwenang yang menerima laporan kerusakan atau korban akibat bencana tersebut.

Tapi beberapa video netizen tersebar di media sosial terutama Twitter yang memperlihatkan kepanikan warga yang terkena dampak pasca gempa 7.6 SR itu. Beberapa lampu jalan terlihat mengeluarkan percikan api dan meledak singkat, sebelum akhirnya lampu di wilayah tersebut padam.

Belum jelas tepatnya di daerah mana dampak gempa itu terjadi, namun sang pemilik video memberi keterangan jika hal itu terjadi setelah gempa melanda Laut Karibia yang kini diperbincangkan itu. Netizen pun ramai-ramai menyampaika doa untuk warga di sekitar gempa yang hingga kini masih dimungkinkan terkena tsunami.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)