home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

WHO Nyatakan Kecanduan Game di Korea Selatan Sebagai Kelainan Mental?

Kamis, 04 Januari 2018 12:10 by reinasoebisono | 1313 hits
WHO Nyatakan Kecanduan Game di Korea Selatan Sebagai Kelainan Mental?
Image source: Dartmouth Business Journal

DREAMERS.ID - Korea Selatan terkenal dengan populasi anak muda yang gemar bermain video game. Mulai dari masyarakat biasa, hingga public figure pun diketahui menggandrungi game. Dan nampaknya, perilaku ini dianggap berlebihan dan disebut kecanduan.

Baru-baru ini, organisasi kesehatan di abwah naungan PBB yaitu WHO (World Health Organization) mengklasifikaksikan kecanduan gaming sebagai kelainan keseatan mental yang berfokus pada Negeri Gingseng, Korea Selatan.

Melansir Korea Herald, hal ini menarik perhatian internasional. Karena lebih lanjut, WHO menempatkan kecanduan video game baik online maupun offline dengan kategori yang sama substansi yang sama dengan kekerasan dan kecanduan judi.

Hal itu bisa disebut kelainan jika sudah menggambarkan pola perilaku bermain game yang berulang dan terus-menerus sangat parah hingga video game lebih diutamakan dibanding kepentingan hidup atau aktivitas sehari-hari lainnya.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Yang nantinya, hal ini berefek pada penurunan signifikan atas kehidupan pribadi, keluarga, sosial, pendidikan, pekerjaan atau bidang penting lainnya.

Dalam kasus di Korsel sendiri, pemerintah telah memberlakukan peraturan yang melarang anak di bawah 16 tahun mengakses online gaming antara waktu tengah malam hingga jam 6 pagi. Sebagian berpendapat undang-undang tersebut melindungi anak dari kecanduan.

Namun para kritikus mengatakan jika peraturan tersebut melanggar kebebasan memilih. Karena undang-undang tersebut secara tidak adil memvonis game, secara keseluruhan membawa lebih banyak kerugian daripada keuntungan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)