home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wapres Usulkan DPR Gunakan Inovasi Karya Mahasiswa Univ Brawijaya Ini Agar Tak Kerap Tertidur

Selasa, 05 Desember 2017 11:45 by reinasoebisono | 1993 hits
Wapres Usulkan DPR Gunakan Inovasi Karya Mahasiswa Univ Brawijaya Ini Agar Tak Kerap Tertidur
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan usul kepada lembaga legislatif DPR untuk menggunakan sebuah inovasi terbaru karya anak bangsa. Hal ini disampaikan ketika meninjau 'Pameran Inovasi Teknologi dan Start-Up Bisnis' yang diselenggarakan Badan Usaha Akademik Universitas Brawijaya (UB), Senin (4/12).

Tiga mahasiswa UB menciptakan kursi anti ngantuk yang berbentuk alas duduk, berangkat dari tingginya tingkat kecelakaan di Indonesia yang disebabkan oleh faktor mengantuk. Namun Wapres JK punya ide lain untuk inovasi ini.

"Itu nanti kalau dibagikan kepada anggota DPR di ruang sidang itu bagus itu," kata Kalla dalam pidatonya melansir Tempo. "Nanti saya minta ke Ketua DPR agar DPR disediakan tempat duduk anti-ngantuk,"


Image source: Istimewa

Usul itu disambut tepuk tangan dan riuh peserta seminar. Wapres JK juga menyampaikan hal tersebut karena banyak mendapatai foto mau pun video anggota DPR di media yang tertidur ketika mengikuti sidang.

Baca juga: JK Resmi Dukung AMIN, Apa Respon Ganjar dan Prabowo?

Alakantuk, begitu alas kursinya disebut, merupakan inovasi alas duduk yang mampu meningkatkan detak jantung manusia melalui getaran. Prinsip kerja Alakantuk berawal dari sensor detak jantung yang terpasang di pergelangan tangan. Ketika detak jantung terbaca di bawah angka normal, maka alas duduk bisa menciptakan getaran yang memicu detak jantung kembali meningkat.

Alat yang bisa digunakan ketika berkendara tersebut, terdiri dari beberapa komponen yaitu alas duduk dan gelang. Di dalam alas duduk terdapat komponen elektronik berupa penggetar. Pada gelang terdapat sensor detak jantung.

Alas tersebut diciptakan 3 mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB), yakni Wahyu Tasry Naufal, Asri Anjasari, dan Prayoga Bintang Primawan. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)