home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Krimi' Eks Mahasiswa UI Buka Suara Soal Kecurangan Akademik dan Alasan Foto Wisuda

Sabtu, 25 November 2017 10:51 by Dits | 3943 hits
'Krimi' Eks Mahasiswa UI Buka Suara Soal Kecurangan Akademik dan Alasan Foto Wisuda
image source: Istimewa

DREAMERS.ID -Kasus kecurangan akademik yang dilakukan oleh mantan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Krimi (bukan nama sebenarnya) menjadi sorotan. Peristiwa tersebut diungkap langsung oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Fauziah Zen.

Krimi yang di-DO ini dari Universitas Indonesia pada tahun 2013 yang kini berkuliah di Malaysia akhirnya buka suara. Ia meminta maaf mengenai transkip nilai dan serta foto wisuda dengan latar belakang UI.

"Dengan rendah hati saya mengakui kesalahan saya dan memohon maaf yang sebesar-besarnya atas masalah transkrip nilai dan foto wisuda sebagaimana yang dikatakan oleh dosen Fauziah di akun twitternya," ujar Krimi pada surel yang dikirim kepada Kumparan, Jumat (24/11).


image source: istimewa

Ia pun menjelaskan foto wisudanya yang tengah beredar padahal ia telah di-DO dari UI pada semester dua. Hal itu ia lakukan karena tak ingin membuat orang tuanya kecewa, terlebih lagi sang ibu disebutnya tengah menderita kanker.

Baca juga: Maudy Ayunda Dilema Diterima Harvard dan Stanford, Netizen Sebar Meme Miris Tapi Kocak

"Alasan saya memberanikan diri untuk mengambil foto wisuda di UI adalah karena saya tidak ingin mengecewakan orang tua saya, terutama ibu saya yang sedang berjuang melawan kanker," jelasnya.

"Sedari awal saya tidak tega untuk jujur kepada ibu saya serta pihak lainnya bahwa saya pindah dan mengesankan bahwa saya menjalani program dual degree di UI/UM. Walau bagaimanapun, beberapa ​orang teman saya baik di UI dan UM memang telah mengetahui kepindahan saya ke UM sebelum kasus ini diangkat," lanjut cowok 23 tahun ini.

Kini, ia ingin fokus dengan pendidikannya di Universiti of Malaya dan meninggalkan hal yang berkaitan dengan UI. “Saya menyadari bahwa ini sepenuhnya adalah kesalahan saya dan saya berkomitmen kepada Tuhan, diri saya, dan semua pihak untuk tidak mengulangi perbuatan ini di masa depan serta meninggalkan semua hal berbau UI dan fokus pada institusi saya sekarang," imbuhnya.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)