home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dilarang Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Jumat, 24 November 2017 14:32 by Dits | 1372 hits
Dilarang Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
image source: muslimdaily

DREAMERS.ID -Larangan untuk tidak mengambil gambar di sejumlah tempat ibadah memang sudah diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi. Namun semakin banyaknya jemaah yang tak mentaati aturan membuat Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi kembali menerbitkan surat edaran tentang larangan tersebut kepada seluruh negara pengirim jemaah haji dan umrah, termasuk Indonesia.

Surat edaran mengenai larangan mengambil gambar di Masjidil Haram, Mekah, dan Masjid Nabawi, Madinah dibenarkan oleh Kepala Bira Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag Mastuki. Ia lantas menyampaikan isi dari surat edaran ini kepada penyelenggara haji dan umrah di seluruh Indonesia.

"Larangan ini akan kami follow up dengan sosialisasikan ke Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), asosiasi umrah, serta Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) agar diperhatikan dan menjadi materi yang disampaikan ke jemaah sebelum keberangkatan ke Saudi,” terang Mastuki, seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Agama, Kamis (23/11).

Baca juga: Berbahaya, Jangan Berikan Foto Selfie dan KTP Sembarangan

Mastuki menjelaskan, jemaah haji dan umrah semakin banyak yang menggunakan ponsel, mereka pun kerap berswafoto atau selfie dalam area masjid. Kegiatan itu jelas mengganggu kekhusyukan jemaah lainnya yang tengah beribadah. Terlebih pengambilan foto dekat dengan Kakbah, Raudhah dan bagian Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.

 “Kemenag sebenarnya sudah melakukan sosialisasi tentang larangan ini sejak tahun lalu, terutama saat manasik. Sosialisasi ini disampaikan bersamaan dengan informasi larangan-larangan lainnya yang ditetapkan Saudi, seperti membawa makanan yang menyengat, rokok, atau barang yang dilarang dalam penerbangan,” pungkasnya.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Kementerian Pertahanan Korea Selatan menekankan bahwa perlunya "kehati hatian" dalam mempertimbangkan apakah akan mengizinkan pembebasan dinas militer aktif untuk superstar K pop BTS dan artis top lainnya, dengan alasan populasi negara yang menyusut dan faktor lainnya....
  • HOT !
    Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the Korean Society of School Health, mengatakan bahwa penggemar obsesif K pop dan mereka yang memiliki minat mendalam pada bidang tertentu lainnya cenderung lebih bahagia daripada yang lain....
  • HOT !
    Putri Charlotte anak dari Pangeran William dan Kate Middleton disebut sebut sebagai anak terkaya di dunia. Menurut studi perusahaan mainan, Electric Rides on Cars, kekayaan bersih Putri Charlotte sebesar £ 3,6 miliar atau sekitar Rp 70 triliun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)