home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Perlu Datang ke Balai Kota, Anies Baswedan Terapkan Sistem Pengaduan yang Baru

Rabu, 25 Oktober 2017 13:45 by RanaHanin | 851 hits
Tak Perlu Datang ke Balai Kota, Anies Baswedan Terapkan Sistem Pengaduan yang Baru
image source: wartakota

DREAMERS.ID - Gubernur DKI Jakarta yang baru dilantik beberapa waktu lalu, Anies Baswedan menganjurkan warga tidak perlu jauh-jauh datang mengadu ke Balai Kota, cukup di kelurahan masing-masing. Anies juga berjanji akan mencari jalan keluar permasalahan warga Ibu Kota.

"Semua masalah yang masuk kemudian kami cari solusinya agar masalah yang sama tidak perlu sampai ke Balai Kota. Jadi, dengan begitu fungsi kelurahan, kecamatan, dan semua badan yang di bawah Pemprov DKI Jakarta akan bermanfaat. Kalau semua tersentralisasi di Balai Kota, kasihan bagi warga," kata Anies di Balai Kota kepada detikcom.

Anies mengaku kasihan pada warga yang datang dari jauh untuk mengadu di Balai Kota yang  sistem pelaporannya dinilai tidak efektif. "Datang ke Balai Kota itu bukan sesuatu yang mudah ya bagi banyak orang. Jadi, kalau saya melihat orang yang datang ke Balai Kota harus dihormati, direspons baik, diproses dengan benar tetapi jangan sampai berulang," ujarnya.

Baca juga: Momen ‘Guncangan’ Prabowo Ke Anies, ‘Kalau Kontestasi Tidak Keras Namanya Bukan Pilihan Rakyat’

Anies mengatakan tetap akan mempertahankan tradisi aduan warga di Balai Kota. Tetapi ia ingin kelurahan bekerja lebih maksimal untuk melayani warga. "Bukan dipindahkan (ke kelurahan). Banyak hal yang sama bisa dikerjakan oleh kelurahan. Tetapi kami harus siapkan SOP-nya sehingga kelurahan juga berjalan. Sekarang kami kumpulkan jenis-jenis masalahnya, supaya bisa disiapkan SOP-nya," tuturnya.

Anies menyampaikan ingin membuat teknis sistem pengaduan warga di kelurahan, jadi beliau akan memanggil masing-masing lurah dari setiap kelurahan untuk memberikan laporan terkait masalah yang diadukan warga.

"Setelah SOP-nya jadi. Sekarang kami sedang kumpulkan jenis aduan yang masuk kepada kami. Dari jenis aduan itu kami bisa tahu, ini diselesaikannya dengan cara apa di kelurahan. Karena kalau (dioper) kelurahan, hanya sekedar 'silakan ke kelurahan', nanti kelurahan tidak tahu apa yang akan dikerjakan," paparnya.

(rmh)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)