home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa 8 SR Guncang Meksiko, 8 Negara Ini Terancam Dampak Tsunami

Jumat, 08 September 2017 14:52 by muthiasp | 1483 hits
Gempa 8 SR Guncang Meksiko, 8 Negara Ini Terancam Dampak Tsunami
Image source: foxnews

DREAMERS.ID - Bencana alam hebat kembali menimpa negara di bagian Amerika Tengah. Gempa dengan kekuatan mencapai 8 SR (Skala Richter) baru saja mengguncang lepas Pantai Selatan Meksiko pada Kamis, 7 September 2017 pukul 22.49 waktu setempat.

Berdasarkan laporan kantor berita Reuters, Jumat (08/09), pusat gempa disebutkan berada sekitar 123 kilometer barat daya kota Pijijiapan, dengan kedalaman 33 kilometer.  Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau United States Geological Survey (USGS) menyatakan gempa tersebut terasa sampai ke pusat ibu kota Meksiko, yang mana berjarak lebih dari seribu kilometer dari pusat gempa.


Image source: ABC

Besarnya guncangan juga membuat peringatan tsunami dinaikkan oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik. Menurut saksi mata, banyak orang-orang yang berlarian ke jalan-jalan setelah mendengar sirene peringatan gempa. Dilaporkan oleh ABC, sudah ada laporan korban tewas masuk namun belum bisa dikonfirmasi.


Image source: ABC

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Gempa paling dahsyat yang dirasakan Meksiko sejak tahun 1985 ini dikatakan berpotensi memicu tsunami di sejumlah pantai di delapan negara, yakni Meksiko, Guatemala, El Salvador, Costa Rica, Nikaragua, Panama, Honduras, dan Ekuador.

“Gelombang tsunami yang mencapai ketinggian lebih dari tiga meter mungkin terjadi di sepanjang pantai-pantai Meksiko,” demikian disampaikan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik seperti dilansir kantor berita AFP, mengutip detik.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)