home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cerita Haru Anak Penggali Kuburan yang Sukses Jadi Dokter Hingga Kuliah S-3 di Jepang

Rabu, 06 September 2017 06:00 by Dits | 1784 hits
Cerita Haru Anak Penggali Kuburan yang Sukses Jadi Dokter Hingga Kuliah S-3 di Jepang
image source: tribunnews

DREAMERS.ID -Kesulitan ekonomi tak membuat seorang Muhammad Sunardi menanggalkan cita-cita masa kecilnya dan berpasrah diri. Sunardi yang lahir dari ayah yang berprofesi sebagai penggali kubur dan ibu pedagang ini mampu mewujudkan cita-citanya menjadi seorang dokter.

Tak hanya sukses menjadi dokter umum, Sunardi bahkan bersiap melanjutkan studi doktoral di Kobe University Japan pada September 2017. Kisah itu pun dibagikannya kepada ratusan pelajar SMA Negeri 1 Pegandon, Kendal.

 "Saya sadar ayah saya hanya penggali kuburan dan ibu berjualan intip di pasar, jadi tidak mau kasih tahu takut jadi beban pikiran, cukup niat yang kuat dalam hati, " ujarnya seperti yang dilansir dari laman Tribunnews, Selasa (5/9).

Sunardi tak menyerah pada keadaan dan mengejar beasiswa karena keterbatasan biaya. Ia pun mulai mendapatkan beasiswa dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sampai pendidikan tinggi di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Hebatnya, ia juga meraih meraih beasiswa S3 di Kobe University melalui program kerjasama U to U (University to University).

‘Rahasia’ Sunardi bisa mendapat beasiswa selain karena tekad yang bulat, anak ketujuh dari delapan bersaudara pasangan dari orangtua M Jazuli dan Masrofah ini punya gaya belajar tersendiri. DIakuinya, selama kuliah dirinya biasa tidur awal malam lalu bangun dini hari untuk belajar.

"Semangat juang harus ditanamkan dalam diri kita. Jangan sampai kita rendah diri dengan keadaan, " ujarnya.

Tentunya kisah Sunardi yang berasal dari keluarga tidak mampu namun bisa meraih prestasi menjadi sebuah inpirasi tersendiri bagi anak muda untuk tidak mudah menyerah. Pantang menyerah dan motivasi yang tinggi menjadikan Sunardi mampu meraih cita-cita.

"Sukses itu akumulasi dari pretasi, restu orangtua, dan daya juang yang tinggi. Sosok Sunardi bisa sukses karena prestasi akademik dan non-akademiknya bagus, juga perilakunya positif, " puji Kepala Diskominfo Kendal Muryono.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)