home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Video 'Balasan' Klarifikasi Soal Nasi Plastik RM Padang yang Memantul Jadi Viral

Senin, 28 Agustus 2017 11:00 by reinasoebisono | 1941 hits
Video 'Balasan' Klarifikasi Soal Nasi Plastik RM Padang yang Memantul Jadi Viral
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Belakangan publik digegerkan oleh isu panas beras dan nasi plastik dari sebuah Rumah Makan (RM) Padang, di mana videonya jadi viral karena beras yang dikepal bisa memantul saat dilempar. Muncul spekulasi beras tersebut terbuat dari plastik.

Dalam video didemonstrasikan cara membuat bola mengepal dan memutar di telapak tangan hingga akhirnya berbentuk seperti bola dan tidak hancur jika dilempar. Tidak hanya satu, beredar pula beberapa video lain yang membuat resah.

Seorang pria juga membandingkan nasi dari RM Padang dengan nasi lain yang ternyata tidak terbentuk bulat padat seperti nasi yang diduga mengandung plastik tersebut. "Hati-hati kalau beli nasi Padang ya. Atau semua makanan di Jakarta," pesannya sesaat sebelum video berakhir.

Tak butuh waktu lama muncul video balasan tentang demonstrasi meresahkan ini, datang dari seorang wanita yang mengaku berasal dari Padang, Sumatera Barat. Ia menjelaskan, jika tipe tekstur beras Sumatera Barat atau yang sering digunakan di RM Padang berbeda dengan beras dari Pulau Jawa.

"Sepengetahuan saya Kalau di daerah Jawa, orang lebih suka menggunakan beras pulen. Lebih lembek, bergetah. Berbeda dengan beras dari Sumatera Barat, seperti beras sokat dari Kota Solok. Tidak bergetah, agak sedikit keras, tapi lunak atau kerasnya tergantung dari cara kita memasak," terangnya.

Baca juga: Bicara ‘Ngawur’ Preskon Joe Biden Sampai Dihentikan Staf

Ia pun menunjukkan beras sokat dan mendemonstrasikan pembulatan hingga pemantulan beras yang memang tidak hancur karena tidak bergetah itu. Wanita berjilbab pink itu pun mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati jika memviralkan sesuatu.

"Jadi ada baiknya kalau kita memviralkan sesuatu sebaiknya kita harus memastikan kebenarannya," lanjutnya.

Dari penelusuran via laman Kompas, pemilik sebuah RM Padang pun dikabarkan telah melaporkan pengunggah video bola nasi bermasalah karena menganggap unggahan itu mencemarkan nama baik usahanya.

"Kita sudah memeriksa saksi pelapor maupun berasnya," ujar Kasat Reskrim Mapolres Metro Jakarta Pusat, yakni Ajun Komisaris Besar Tahan Marpaung. "Karena sampai sekarang belum tahu yang mengunggah ini siapa. Jadi masih dilidik,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)