home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Saksi Kunci Kasus Mega Korupsi e-KTP Dilaporkan Meninggal Dunia

Jumat, 11 Agustus 2017 21:30 by tyassss | 1564 hits
Saksi Kunci Kasus Mega Korupsi e-KTP Dilaporkan Meninggal Dunia
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Dalam persidangan tuntutan kasus korupsi e-KTP dengan tersangka Irman dan Sugiharto, nama Johannes Marliem muncul  yang disebut sebagai saksi kunci. Johannes Marliem sendiri diketahui seorang Direktur Biomorf Lone LLC, Amerika Serikat, perusahaan penyedia layanan teknologi biometrik.

Dalam dakwaan Irman dan Sugiharto, Marliem disebut sebagai penyedia produk automated finger print identification system (AFIS) merek L-1 untuk proyek kartu tanda penduduk elektronik. Nama Marliem bahkan disebut sampai 25 kali oleh jaksa KPK.

Ia dinyatakan aktif dalam pertemuan membahas proyek KTP berbasis elektronik tersebut sejak awal. Selain itu, Marliem juga mengantongi bukti pembicaraan para perancang proyek e-KTP selama empat tahun yang diyakini dapat menjadi bukti untuk menelisik korupsi yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun tersebut.

Namun, menurut informasi yang dilansir dari Tempo pada Jumat (11/08), Johannes telah meninggal dunia di Amerika, di mana tempat ia tinggal saat ini. Hal ini juga sudah dikonfirmasi Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah.

Baca juga: Mengapa Seluruh Warga Jakarta Wajib Cetak Ulang E-KTP Tahun Depan?

"Benar, yang bersangkutan, Johannes Marliem, meninggal dunia, tapi kami belum dapat informasi yang lebih rinci, karena terjadinya di Amerika," kata Febri di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/08).

Ia juga mengatakan bahwa penyidikan terhadap kasus korupsi e-KTP akan terus berjalan dan kematian Johannes Marliem akan menjadi tanggung jawab aparat setempat.

"Terkait dengan kematian yang bersangkutan, yang lebih rinci menjadi domain para penegak hukum setempat di sana," sambungnya.

(tys)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)