home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Jokowi: Pencak Silat Tumbuhkan Semangat Berkompetisi Bagi Anak Muda

Rabu, 09 Agustus 2017 16:42 by Dits | 1075 hits
Presiden Jokowi: Pencak Silat Tumbuhkan Semangat Berkompetisi Bagi Anak Muda
image source: suara

DREAMERS.ID - Pencak Silat merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah dikenal dikenal luas hingga mancanegara. Bahkan dalam sebuah kesempatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kalau seni bela diri yang menjadi perwujudan karakter bangsa ini harus dijaga dan dirawat bersama.

"Tanpa kesadaran kita untuk menjaga dan merawat seni tradisi pencak silat ini, kita akan kehilangan sebuah karakter. Inilah sebuah karakter bangsa yang harus kita rawat dan jaga bersama-sama," kata Jokowi saat membuka Kejuaraan Nasional Tingkat Remaja Perguruan Pencak Silat Nasional (Persinas) ASAD tahun 2017 di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin, mengutip dari laman detikcom, Selasa (8/8).

Jokowi lalu mengungkapkan kalau ia pernah meresmikan kegiatan serupa di Solo saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Kini, Jokowi pun kembali membuka kejuaraan tersebut untuk mendukung pengembangan tradisi pencak silat yang dinilainya dapat menumbuhkan semangat berani berkompetisi dan bersaing bagi generasi muda.

Baca juga: Agak Di Luar Nurul, Jokowi Ungkap Kaesang Telah Minta Restu Masuk PSI?

"Saya senang, Pak Kiai tadi menyampaikan, silat ini bukan ingin mengadu manusia dengan manusia, tetapi kita ingin memberikan sebuah karakter kuat kepada remaja-remaja kita. Berani bersaing, bertanding, dan berkompetisi," pungkasnya.

Sementara itu, kejuaraan pencak silat akan dimulai pada tanggal 8 hingga 11 Agustus 2017 mendatang. Melalui kegiatan tersebut lah muncul atlet-atlet pencak silat muda yang punya potensi kuat. Kegiatan itu juga dihelat sebagai upaya untuk merawat silat sebagai warisan leluhur Indonesia.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)