home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkapnya Peta Lokasi Korea Utara Eksekusi Warga di Depan Publik

Rabu, 19 Juli 2017 12:00 by reinasoebisono | 1320 hits
Terungkapnya Peta Lokasi Korea Utara Eksekusi Warga di Depan Publik
Image source: Reuters

DREAMERS.ID - Korea Utara dikenal kerap mengeksekusi warganya yang dianggap ‘bermasalah’. Namun entah bagaimana prosedur dan ketentuan tentang hukuman mati di sana, rumor mengatakan negara komunis itu mengeksekusi warganya di muka umum.

Melansir CNN, Korea Utara dilaporkan melakukan eksekusi mati di lokasi publik, seperti bantaran sungai, pasar, bahkan lapangan sekolah untuk warganya yang terlibat kasus prostitusi atau menyebarkan berita dari media Korea Selatan.

Fakta ini terkuak dalam laporan yang dirilis oleh organisasi non-pemerintah di Korsel, Transitional Justice Working Group (TJWG), berdasarkan wawancara dengan 350 pembelot dari Korut. Tak ketinggalan, TJWG juga berhasil mendokumentasikan sejumlah lokasi pembunuhan di hadapan publik dan kuburan massal yang disebut adalah ‘hal biasa’ di sana.

"Peta dan pernyataan ini memberikan gambaran nyata mengenai skala penganiayaan yang terjadi di sana selama berpuluh tahun," demikian pernyataan TJWG.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

Meski kantor berita Reuters belum bisa memverifikasi hal ini karena belum pernah dilakukan sebelumnya, TJWG membuat laporan ini untuk mendorong masyarakat internasional mengambil tindakan atas "kejahatan terhadap kemanusiaan" yang dilakukan oleh rezim Kim Jong-un.

TJWG sendiri adalah gabungan dari aktivis dan peneliti di bidang hak asasi manusia yang dipimpin oleh Lee Younghwan, seorang mantan pegiat HAM di Korut. Sebagian besar dana operasional TJWG berasal dari badan Sumbangan Nasional untuk Demokrasi yang bermarkas di AS. Badan tersebut didanai oleh Kongres AS.

Amerika memang dikenal kerap mendesak PBB untuk membawa Korut ke pengadilan internasional atas pelanggaran HAM. Namun desakan tersebut ditolak oleh dua dari lima anggota Dewan Keamanan PBB, yaitu Rusia dan China yang adalah sekutu terdekat Korea Utara.

(rei/image: Reuters)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)