home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anak Perdana Menteri Ini Terjerat Kasus Korupsi karena 'Font' Microsoft Word

Jumat, 14 Juli 2017 12:00 by reinasoebisono | 1640 hits
Anak Perdana Menteri Ini Terjerat Kasus Korupsi karena 'Font' Microsoft Word
Image source: newsweek.com

DREAMERS.ID - Sebuah kesalahan kecil yang dianggap konyol bisa berdampak begitu besar bahkan menjerat seseorang ke ranah hukum. Seperti yang terjadi pada anak Perdana Menteri Nawaz Sharif dari Pakistan ini.

Anak perempuan PM Pakistan, Maryam Nawaz diperkirakan bisa jadi penyebab jatuhnya kekuasaan sang ayah karena kesalahan pemakaian font ‘Calibri’ di Microsoft Word Office. Meski terdengar konyol, kesalahan tersebut justru membuat tim investigasi memasuki dugaan kasus korupsi yang dilakukan PM Sharif beserta keluarganya.


PM Nawaz Sharif dan anaknya, Maryam Nawaz (Samaa TV)

Bermula dari tim investigasi gabungan menyelidiki dugaan pencucian uang yang dilakukan PM Nawaz Sharif berdasarkan bocoran dokumen ‘Panama Papers’. Dari dokumen tersebut, keluarga Perdana Menteri melakukan pencucian uang dengan cara menyimpan dan membeli aset di luar negeri.

Salah satu aset tersebut, melansir Suara adalah apartemen mewah Avenfield House di London, Inggris milik Maryam Nawaz yang langsung disanggahnya. Maryam pun memberikan bukti dokumen yang menyatakan dirinya hanya penyewa apartemen tersebut. Dalam dokumen tersebut, tertulis keterangan jika surat penyewa itu dibuat pada tahun 2006, dengan font Calibri.

Baca juga: Tanggapan Presiden Jokowi Terkait Ditangkapnya Menteri KKP Edhy Prabowo Oleh KPK

Padahal, font Calibri baru ada dalam pilihan Microsoft Word setahun setelahnya, yaitu tahun 2007. Karena itu Maryam Nawaz disebut berbohong dan menjadi bulan-bulanan masyarakat Pakistan yang diduga melakukan pencucian uang.

Seorang netizen bernama Musa Virk pun mengunggah screenshot percakapan dirinya dengan seseorang yang disebutnya perwakilan Microsoft. Calibri memang dibuat pada 2004, namun baru dirilis secara publik di Microsoft Office pada tahun 2007.


Ada sebagian dari mereka mengolok jika Calibri sebenarnya dibuat oleh Maryam Sharif di Pakistan pada tahun 1970. Ada pula yang berkelakar jika kata Calibri kini menjadi lebih populer dicari dalam search engine Pakistan dibandingkan konten pornografi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)