home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Masjid Cipinang Muara Lebaran Senin, Begini Tanggapan MUI

Minggu, 25 Juni 2017 01:00 by reinasoebisono | 1658 hits
Heboh Masjid Cipinang Muara Lebaran Senin, Begini Tanggapan MUI
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pemerintah Indonesia telah menetapkan tanggal 1 Syawal yang menjadi tanda Hari Raya Idul Fitri untuk umat Muslim jatuh pada tanggal 25 Juni 2017 besok di hari Minggu. Namun dilaporkan terdapat satu masjid di daerah Cipinang Muara yang berbeda soal penetapan tanggal tersebut.

Melansir Detik, masjid yang baru merayakan Lebaran pada Senin (26/6) itu adalah Masjid Al-Marzuqiyah. Alasannya, menurut Sekretaris Masjid Al-Marzuqiyah, Cholid Lutfi Tsani, mengatakan ketinggian bulan hingga hari ini maksimal hanya 4 derajat sehingga tak mungkin Lebaran besok.

Ketua Umum MUI sekaligus Rais Aam Nahdlatul Ulama KH. Ma’ruf Amin pun menyayangkan hal tersebut. Menurutnya, semua pihak harus patuh pada kepada keputusan pemerintah dan mengharapkan adanya sosialisasi terus menerus terkait penetapan awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijah agar tak ada lagi perbedaan.

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

"Itulah, kita masih belum bisa, sesungguhnya menurut MUI kalau pemerintah sudah menetapkan, semua harus patuh," kata Maruf. "Menurut MUI, yang berhak menetapkan pemerintah. Boleh orang berbeda kalau tidak ada penetapan. Kalau sudah ada penetapan, semua harus ikut,"

MUI melihat keputusan pemerintah soal hari Lebaran sifatnya mengikat. Tidak masalah jika berbeda di awal, namun jika telah ada ketetapan, semua pihak harusnya menurutinya. Karena bagaimana pun, ketetapan semacam ini menyangkut hajat hidup orang banyak yang notabene adalah masyarakat yang mengikuti pimpinannya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)