home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peneliti: Ternyata Anjing Bisa Baca Pikiran Manusia

Selasa, 12 Februari 2013 13:15 by miko | 4595 hits
Peneliti: Ternyata Anjing Bisa Baca Pikiran Manusia
akulisfatul.blogspot.com

Anjing merupakan salah satu binatang peliharaan yang dekat dengan manusia sejak jaman dahulu. Bahkan peneliti pun kini melaporkan kalau seekor anjing ternyata mampu membaca pikiran manusia, sehingga seakan-akan mereka bisa mengerti bahasa manusia.

Dilansir dari BBC, para peneliti melaporkan anjing dapat memahami pikiran manusia jauh lebih besar dibanding perkiraan sebelumnya. Dalam penelitiannya, para ilmuwan menemukan bahwa anjing mencuri makanan yang dilarang, empat kali lebih tinggi dibandingkan kemungkinan ketika lampu dimatikan sehingga tidak terlihat.

Hasil penelitian ini juga menunjukan anjing dapat mengubah perilaku bila sikap pemilik binatang ini berubah. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Animal Cognition ini merupakan hasil pengujian terhadap 84 anjing.

Eksperimen ini dilakukan untuk melihat apakah anjing dapat menyesuaikan perilaku untuk menanggapi perubahan sikap pemilik. Para ilmuwan ingin meneliti apakah anjing memiliki pengertian tentang pandangan manusia.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Ilmuwan menilik sikap anjing dalam mencuri makanan saat lampu dimatikan- menunjukkan binatang ini dapat membedakan apakah orang dapat melihat atau tidak apa yang dilakukan binatang ini.

Dr Juliane Kaminski dari Fakultas Psikologi Universitas Portsmouth, Inggris, mengatakan penelitian itu menunjukkan bahwa anjing mengerti bahwa manusia tidak dapat melihat mereka, dan itu berarti binatang ini juga kemungkinan mengerti perspektif manusia.

Penemuan ini juga penting untuk memahami kemampuan anjing yang digunakan oleh manusia, termasuk anjing pemandu untuk tunanetra dan anjing pelacak yang digunakan polisi.

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)