home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Capres Demokrat Moon Jae In Terpilih Jadi Presiden Baru Korea Selatan

Rabu, 10 Mei 2017 12:00 by muthiasp | 1370 hits
Capres Demokrat Moon Jae In Terpilih Jadi Presiden Baru Korea Selatan
Image source: Hankook Ilbo

DREAMERS.ID - Korea Selatan baru saja menyelesaikan pemilu presiden yang diadakan hingga 9 Mei kemarin. Hasil pemilihan umum pun sudah diumumkan dan menyatakan bahwa capres dari Partai Demokrat Moon Jae In yang terpilih dengan meraih total 41,4 persen atau lebih dari 13,4 juta suara.

Politisi veteran yang juga bekerja sebagai pengacara hak asasi manusia ini menang besar di hampir seluruh bagian negara kecuali Daegu dan provinsi Gyeongsang. Dengan terpilihnya Moon Jae In mencatatkan sejarah bahwa pertama kalinya seorang kandidat liberal memenangkan pemilihan presiden sejak 2007.


Image source: Chosun Ilbo

Selasa (09/05) malam, Moon Jae In pun menyapa ribuan pendukungnya di Gwanghwamun Plaza dan berjanji akan menjadi presiden yang ada untuk rakyat dan melayani siapapun meski bukan pendukungnya. Ia juga sempat menyinggung soal kasus korupsi yang melibatkan presiden sebelumnya, Park Geun Hye.


Image source: No Cut News

Baca juga: Turut Berduka Atas Meninggalnya Lee Sun Kyun, Moon Jae In: Rasanya Seolah Kenalan Dekat

“Aku rasa ini bukan hanya perayaan bagi diri saya saja, tetapi juga orang-orang yang sudah sangat menginginkan perubahan dari pemerintah,” ujar tokoh yang belum lama ini bertamu ke komplek multikultural SM Entertainment, SMTOWN@COEXARTIUM.

Pria berusia 63 tahun ini sebelumnya pernah bersaing dengan Park Geun Hye di pemilu presiden tahun 2012, namun harus kalah. Kini, ia mencanangkan perubahan besar untuk Korea Selatan mulai dari peraturan lokal maupun internasional, seperti mereformasi para konglomerat yang mendominasi negeri ginseng.

Jika presiden sebelumnya berusaha untuk memutus hubungan dengan Korea Utara, berbeda dengan Moon Jae In yang berharap bisa mengadakan dialog dengan Kim Jong Un. Kemenangannya ini pun jadi kelegaan bagi warga Korsel yang selama beberapa bulan terakhir menghadapi kesulitan atas skandal Park Geun Hye.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)