home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Komisi Yudisial Ingin Hakim Jauh dari Media Massa dan Pakai Hati Nurani Jelang Vonis Ahok

Minggu, 30 April 2017 18:35 by fzhchyn | 1174 hits
Komisi Yudisial Ingin Hakim Jauh dari Media Massa dan Pakai Hati Nurani Jelang Vonis Ahok
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Nasib Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama segera ditentukan dalam sidang vonis mendatang. Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara sebelumnya telah menetapkan jka putusan terhadap pria yang akrab disapa Ahok tersebut akan dibacakan pada tanggal 9 Mei 2017.

Jelang vonis, juru bicara Komisi Yudisial (KY) Farid Wadji Ibrahim meminta publik untuk menghargai apapun putusan majelis hakim terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama dalam kasus dugaan penistaan atau penodaan agama. "Kita tidak boleh menghakimi putusan hakim. Pakar juga tidak boleh protes," ujar Farid dalam diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (29/4).

Farid juga berharap majelis hakim tetap independen. Karena, hakim diberikan hak merdeka dan bebas dari intervensi atau campur tangan eksternal dalam mengeluarkan putusan. "Dalam konteks ini, hakim harus bebaskan dirinya dari intervensi.”

Baca juga: Wacana Premium Dihapus Namun Sulit Karena Mafia Migas, Ahok Setuju!

Bentuk intervensi bisa datang dari mana saja, Farid bahkan mengatakan hakim baiknya tak bersentuhan dengan berbagai jenis media massa yang ada. “Hakim enggak usah baca koran, dengar radio dan nonton TV.”

‎Farid menambahkan, selain bebas dari intervensi, putusan hakim harus didasarkan juga pada hati nuraninya. Harus menggunakan hati nuraninya. Hakim adalah wakil Tuhan dalam hukum, hakim harus pilih jalan sunyi," tegasnya.

(fzh/Tribunnews)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)