home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ahok Dituntut Penjara 1 Tahun dan Masa Percobaan 2 Tahun, Apa Artinya?

Jumat, 21 April 2017 01:00 by reinasoebisono | 3934 hits
Ahok Dituntut Penjara 1 Tahun dan Masa Percobaan 2 Tahun, Apa Artinya?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Gubernur Petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memang telah mendapat tuntutan dari jaksa dengan hukuman penjara 1 tahun dan masa percobaan 2 tahun. Hal ini masih akan dipastikan melalui vonis hakim nantinya.

Pakar hukum pidana Universitas Indonesia Gandjar Laksmana Bonaparta menjelaskan apa maksud dari masa percobaan dan apa beda serta pengaruhnya dengan hukuman penjara yang jadi tuntutan jaksa.

"Hukuman percobaan itu berarti terdakwa hanya akan menjalani pidana penjaranya, apabila dalam masa waktu percobaan melakukan tindak pidana apapun," kata Gandjar kepada Kompas.

Baca juga: Ketua Majelis Hakim Sidang Kasus Ahok Naik Jabatan

Dengan kata lain, jika Ahok berlaku baik dan tak terjerat kasus pidana apa pun selama 2 tahun, Ahok tidak menjalani hukuman penjaranya yang selama 1 tahun. Jika memang terjerat kasus pidana kembali, Ahok akan menjalani hukuman penjara 1 tahun ditambah hukumn kasus barunya nanti.

"(Hukuman) berlaku sejak putusan hakim dinyatakan berkekuatan hukum tetap alias inkracht van gewijsde," kata Gandjar.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum menyatakan Ahok bersalah dalam kasus penodaan agama. Pembacaan tuntutan itu dilakukan di sidang ke-20 yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Ausitorium Kementerian, Jakarta Selatan. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)