home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Dibedakan', Ini Ajaran yang Ditanamkan ke Anak-Anak Korsel Tentang Korea Utara

Rabu, 12 April 2017 23:00 by muthiasp | 3159 hits
'Dibedakan', Ini Ajaran yang Ditanamkan ke Anak-Anak Korsel Tentang Korea Utara
Image source: Koreaboo

DREAMERS.ID - Pelajaran tentang sejarah negara memang baik untuk ditanamkan sejak dini, terutama untuk menumbuhkan rasa nasionalisme. Seperti yang dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan kepada anak-anak dalam memperkenalkan saudara serumpunnya, Korea Utara.

Meskipun kini hubungan kedua negara itu sedang sangat tidak baik, namun keberadaan Korea Utara tidak ditutupi oleh pemerintah negeri ginseng. Program pendidikan sudah diterapkan untuk mengajarkan anak-anak tentang penyatuan kembali dua negara ini.

Pada situs forum online populer Reddit, cerita seorang warga negara Korsel saat mengungkapkan fakta tersebut menjadi viral. Banyak netizen asal Korsel lainnya yang ikut menceritakan bahwa mereka belajar tentang masyarakat, pemerintahan, serta gaya hidup Korea Utara.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Salah satu netizen menulis jika dahulu sempat ada kartun yang menggambarkan Korea Utara sebagai komunis, dan divisualisasikan lewat binatang. Kala itu anak-anak memiliki semacam lagu kebangsaan tentang persatuan kembali Korut – Korsel. Beda dulu beda sekarang, kini pengajaran tampaknya lebih halus.

Mereka ditanamkan ajaran ‘membedakan’ bahwa warga Korea Utara adalah teman, sedangkan pemerintahnya saja yang harus dihapus. Anak-anak Korea Selatan diajarkan bagaimana harus bersimpati kepada teman-teman yang tinggal di Korea Utara, bahkan sampai belajar menulis surat untuk mereka.

Seiring berjalannya waktu, ketika mereka besar pelajaran tentang perbedaan sistem kepemerintahan juga diberikan, dengan menekankan pada penyebab kemiskinan yang dialami negara tetangganya itu.

(mth/Koreaboo)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)