home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Bertentangan, Kuasa Hukum Yakin Ahok Bakal Bebas dari Dugaan Penistaan Agama?

Kamis, 06 April 2017 12:00 by tyassss | 1061 hits
Fakta Bertentangan, Kuasa Hukum Yakin Ahok Bakal Bebas dari Dugaan Penistaan Agama?
Image source: cnn indonesia

DREAMERS.ID - Pada Selasa (4/4) kemarin, persidangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas dugaan penistaan agama telah kembali digelar. Setelah persidangan yang ke-17 kali itu, tim kuasa hukum Ahok mengaku optimis bahwa sang petahana akan bebas.

Optimisme tersebut muncul lantaran selama persidangan, fakta-fakta persidangan yang muncul justru bertentangan dengan dakwaan jaksa. Terlebih selama di persidangan, Jaksa dinilai sulit membuktikan adanya unsur kesengajaan dan niat terdakwa menistakan agama saat berdialog dengan warga Pulau Seribu, 27 September 2016 lalu.

Saat ditemui dalam konferensi pers di Rumah Cemara, menteng pada Rabu (5/4), Humphrey menuturkan bahwa majelis hakim tentunya tidak bisa sembarangan dalam memberikan keputusan. Karena putusan hakim harus berdasarkan minimal dua alat bukti yang disertai keyakinan.

Baca juga: Fakta-fakta Nicholas Sean, Putra Sulung Ahok yang Dilaporkan Atas Penganiayaan

"Optimisme kami sangat kuat karena dasarnya yang muncul dalam fakta persidangan. Yang sulit dibuktikan adalah unsur dengan sengaja (menistakan agama). Karena harus ada niat yang bisa dibuktikan," kata Humprey Djemat, Kuasa hukum Ahok, mengutip Berita Satu.

Menurutnya, sikap Ahok yang dianggap telah mengeluarkan sikap permusuhan terhadap ulama, juga sulit dibuktikan. Apalagi, hakim juga harus bisa mempertanggung jawabkan dengan dua alat bukti. Maka dari itu, Humprey menilai Jaksa mesti memberikan tuntutan bebas bagi Ahok.

Sementara itu, sidang akan kembali dilanjutkan pada 11 April 2017 mendatang dengan agenda mendengarkan tuntutan jaksa. Sidang vonis sendiri diperkirakan akan berlangsung sekitar pertengahan Mei sebelum memasuki bulan Ramadan.

(tys/liputan6/berita satu)

Komentar
  • HOT !
    Infeksi COVID 19 harian Korea Selatan mencapai angka tertingginya yakni lebih dari 13.000 orang pada hari Rabu (26/1). Tepatnya,  negeri ginseng menambahkan 13.012 kasus baru, melansir Korea Herald....
  • HOT !
    Korea Selatan akan segera menghadapi pemilihan umum presiden pada 9 Maret mendatang. Tidak hanya kandidat utama yang disorot, tetapi belakangan ini skandal istri kandidat calon presiden juga menjadi perbincangan panas....
  • HOT !
    Selain beberapa merek yang menyediakan vaksin booster untuk COVID 19, ada juga lho 2 tipe vaksin yang akan disuntikkan ke masyarakat. Yaitu homolog dan heterolog. Jadi, sebelum menerima vaksin booster sebagai pendukung imunitas kita, yuk pahami lebih jauh lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)