home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Hujan Es di Jakarta, Fenomena Alami Menurut BMKG?

Selasa, 28 Maret 2017 22:00 by reinasoebisono | 3085 hits
Heboh Hujan Es di Jakarta, Fenomena Alami Menurut BMKG?
Image source: Antara

DREAMERS.ID - Selasa (28/3) hari ini, sejumlah warga Jakarta dihebohkan oleh fenomena yang jarang terjadi. Dunia maya khususnya sosial media diramaikan oleh foto-foto es yang jatuh dari langit karena hujan sangat deras melanda sejumlah wilayah.

Respon cepat, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun mengatakan jika fenomena alam itu adalah hal biasa. Terutama, karena pada masa sekarang tengah terjadi musim pancaroba.

"Kejadian hujan lebat/es, disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat, lebih banyak terjadi pada masa transisi/pancaroba musim, baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya," demikian tulis Twitter @infoBMKG.

Baca juga: Fenomena Hujan Es Disertai Angin Kencang Terjadi di Wilayah Magelang

Lebih lanjut, akun resmi BMKG itu juga menjelaskan jika fenomena hujan es biasa terjadi pada transisi masa musim panas ke hujan atau pun sebaliknya seperti sekarang ini. Hujan es terjadi disertai petir dan angin kencan dalam durasi singkat, serta terjadi udara panas serta gerah sehari sebelumnya.


Penampakan es yang diambil warga di Kramat Jati, Jakarta Timur (Detik)

Hal ini juga dikuatkan oleh temuan BMKG di mana terdapat awan Cumulus (awan putih berlapis) yang segera berubah jadi Cumulonimbus yang berwarna abu-abu atau hitam. Hujan lebat tersebut sesuai perkiraan BMKG, terjadi antara pukul 16.00 hingga 19.15.

Tak hanya di Jakarta seperti Karet, Kuningan, Tebet, Setiabudi, Menteng, Palmerah hingga Kebon Jeruk, namun beberapa daerah di Bekasi hingga Kota Tangerang dan Tangerang Selatan juga diguyur hujan lebat.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)