home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Saksi Ratusan, Penyelesaian Kasus Megakorupsi E-KTP Bakal Makan Waktu Hingga 2 Tahun?

Minggu, 19 Maret 2017 23:00 by fzhchyn | 1173 hits
Saksi Ratusan, Penyelesaian Kasus Megakorupsi E-KTP Bakal Makan Waktu Hingga 2 Tahun?
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Kasus megakorupsi proyek pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP) terus bergulir. Kedua terdakwa dalam kasus ini, yaitu Irman dan Sugiharto sudah dua kali menjalani sidang.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut akan ada 133 saksi yang dihadirkan dalam sidang kasus itu. Banyaknya nama yang disebut dalam dakwaan kasus e-KTP juga akan mempengaruhi lamanya penyelesaian kasus.

Bahkan mantan Direktur Tindak Pidana Korupsi Kejagung Chairul Imam memprediksi kasus ini baru selesai dua tahun nanti. "Kasus ini akan lama sekali penyelesaiannya sampai dua tahun. Ini prestasi untuk semuanya," ujar Chairul Imam di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (18/3), mengutip Liputan6.

Baca juga: Tanggapan Presiden Jokowi Terkait Ditangkapnya Menteri KKP Edhy Prabowo Oleh KPK

KPK saat ini memang baru menjerat dua tersangka ke pengadilan dalam kasus e-KTP ini. Bisa saja, baru dua bulan sidang berjalan, KPK sudah bisa menentapkan tersangka baru. "Dua tiga bulan jalan itu masuk kasus kedua. Melihat besarnya uang, nama-nama, jumlahnya segala macam, ini saksinya banyak sekali kan," imbuh Chairul.

Menurutnya, jaksa bisa menggunakan kesaksian dalam persidangan Irman dan Sugiharto sebagai bagian dari alat bukti untuk menjerat tersangka baru kasus e-KTP. Termasuk dengan menggunakan data pihak-pihak yang sudah mengembalikan uang kerugian negara. Sebab, seorang yang mengembalikan kerugian negara tidak menghilangkan pidana yang telah dilakukan oleh orang itu. "Itu sudah diatur pada Pasal 4 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Korupsi," ucap Chairul.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)