home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah Turunkan Tim Khusus Terkait Insiden Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat

Rabu, 15 Maret 2017 11:35 by Dits | 1173 hits
Pemerintah Turunkan Tim Khusus Terkait Insiden Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Wisata alam di Raja Ampat sudah dikenal keindahannya dan menjadi salah satu lokasi liburan yang tidak tak boleh dilewatkan. Namun sayangnya, sebuah insiden buruk terjadi pada 4 Maret 2017 lalu saat Kapal pesiar Inggris, MV Caledonian Sky, menghancurkan satu area terumbu karang di Raja Ampat.

Atas kejadian tersebut, pemerintah pusat langsung menurunkan tim untuk menangani kerusakan terumbu karang di Kabupaten Raja Ampat. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat Yusdi Lamatenggo di Sorong, tim yang diturunkan dibentuk oleh Kemenko Kemaritiman dengan melibatkan instansi terkait yakni KKP, KLHK, Kemhub, Kemenpar, Kepolisian dan lainnya untuk meminta pertanggungjawabkan atas kerusakan yang terjadi.

"Pemerintah Raja Ampat juga membentuk tim penilai untuk melakukan penanganan terhadap terumbu karang yang rusak akibat kandas kapal pesiar MV Caledonian Sky," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Rabu (15/3).


Perbandingan terumbu karang yang sehat (kiri) dengan yang rusak di perairan Raja Ampat.
Stephanie Venables/Marine Megafauna Foundation/Mongabay 

Baca juga: Tak Penasaran Lagi, Perhatikan Hitungan Biaya Ini Jika Ingin Liburan ke Raja Ampat

Lebih lanjut, tim juga melibatkan beberapa instansi pemerintah terkait seperti lembaga konservasi nasional maupun internasional dan pihak akademisi dalam hal ini Universitas Papua Manokwari. Tim tersebut tengah melakuakan kajian dan perhitungan mengenai jumlah kerugian yang dialami Raja Ampat.

"Hasil kajian tim tersebut nantinya akan dilaporkan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kemenko Kemaritiman untuk ditindaklanjuti," lanjutnya.

Sementara itu, seorang ahli terumbu karang Universitas Papua Ricardo F Tapilatu memberikan keterangan secara terpisah dengan melakukan peninjauan terlebih dahulu, menurutnya lokasi kerusakan mencapai 1,3 hektar.

"Ada delapan jenis terumbu karang yang rusak akibat kandasnya kapal pesiar tersebut dan terumbu karang itu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk pulih kembali," terangnya.

Artikel terkait:
Miris, Begini Penampakan Terumbu Karang Raja Ampat yang Hancur Karena Kapal Pesiar Inggris

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)