home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Resmi Lengser, Park Geun Hye Segera Jalani Pemeriksaan Atas Dugaan Korupsi

Selasa, 14 Maret 2017 23:00 by muthiasp | 1246 hits
Resmi Lengser, Park Geun Hye Segera Jalani Pemeriksaan Atas Dugaan Korupsi
Image source: cbc

DREAMERS.ID - Pada Jumat (10/03) pagi, Mahkamah Konstitusi Korea Selatan resmi mencopot Park Geun Hye dari jabatannya sebagai Presiden negeri ginseng tersebut, disebabkan oleh skandal penyalahgunaan kekuasaan menjurus korupsi yang dilakukan bersama sahabatnya Choi Soon Sil.

Setelah resmi dilengserkan, tandanya wanita berusia 65 tahun ini sudah bisa mulai jalani pemeriksaan terkait skandalnya tersebut. Pasalnya, aturan di Korea Selatan menyebutkan selama masih menjabat sebagai Presiden maka Park Geun Hye kebal terhadap hukum, kecuali untuk kasus pemberontakan atau pengkhianatan.

Untuk itu, Kejaksaan Korea Selatan akan segera memanggilnya untuk segera menjalani pemeriksaan perdana, “Kami akan memutuskan besok kapan akan memanggil mantan Presiden Park dan memberitahunya. Kami akan informasikan ke kalian (awak media) saat kami sudah bersiap,” ujar perwakilan Kejaksaan, mengutip Yonhap.

Baca juga: Total Sudah 33 Tahun, Jaksa Minta Hukuman Penjara Mantan Presiden Park Geun Hye Ditambah

Sementara itu, pengacaranya Son Bum Kyu mengatakan bahwa Park Geun Hye akan bekerja sama secara aktif. Beberapa waktu lalu, wanita pertama yang menjabat sebagai presiden ini sempat menyatakan bahwa yakin dirinya tidak bersalah, “Aku menerima keputusan ini (pemecatan). Tapi yakinlah, kebenaran akhirnya akan terungkap,” tandasnya (12/03).

Dampak dari skandal ini membuat Park Geun Hye menjadi presiden terpilih pertama yang dilengserkan paksa atas keputusan Mahkamah Konstitusi. Ia pun diketahui sudah meninggalkan Istana Kepresidenan minggu lalu, dan kini tinggal di rumahnya di daerah Gangnam.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)