home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Disebut 'Unggulan' Jokowi, Intip Jalur Trans Papua yang Memukau Membelah Gunung dan Hutan

Senin, 13 Februari 2017 16:10 by reinasoebisono | 3781 hits
Disebut 'Unggulan' Jokowi, Intip Jalur Trans Papua yang Memukau Membelah Gunung dan Hutan
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Selain proyek sarana transportasi seperti MRT atau kereta cepat, pemerintah juga gencar mengerjakan proyek yang mempermudah akses di daerah yang selama ini jarang ‘terjamah’ publik, yaitu Jalur Trans Papua.

Mega proyek yang disebut sebagai salah satu unggulan dari program pemerintahan Jokowi ini jadi pembicaraan karena memiliki medan yang sulit. Tidak seperti proyek jalan di Pulau Jawa, Jalur Trans Papua ini harus menyusuri dan membelah gunung hingga hutan dengan medan yang terjal.


Dikutip dari Liputan6, jalan Trans Papua di Provinsi Papua ini akan memiliki panjang total 3.259,45 kilometer. Jalan ini membentang dari Kwatisore-Nabire-Wagete-Enarotali-Ilaga-Mulia-Wamena (Usilimo)-Wamena-Elelim-Jayapura-Wamena-Habema-Kenyam-Mumugu.

Kemudian dilanjut dari Kenyam-Dekai-Oksibil-Waropko-Tanah Merah-Merauke-Wagete-Timika. Dari foto-foto yang dirilis dengan aerial view, jalan yang dibuat memang terlihat kontras dengan sekelilingnya yang masih hutan segar hingga gunung tinggi khas Papua.

Baca juga: Menyaksikan Langsung Jalur Trans Papua yang Membelah Gunung Via VLOG Jokowi

Hingga akhir 2016 diketahui mega proyek ini sudah tersambung 85.7% dari total panjang jalan atau sepanjang 2.792,2 kilometer. Meski sudah tersambung, baru 1.568,34 kilometer yang dilapisi aspal. Sisanya masih jalur tanah.


Pemandangan yang ditampilkan sepanjang Jalur Trans Papua ini pun disebut menakjubkan karena hampir seluruhnya minim pemukiman dan dipenuhi lingkungan terjal serta lembah tinggi. Pelaksanaan proyek ini tentu memberikan dampak positif.

Selain jalur yang mempermudah masyarakat, akses distribusi pun akan lebih lancar yang berdampak pada penekanan tingginya biaya akomodasi dan transportasi. Dengan adanya jalur ini, pemerataan kebutuhan di Papua pun diharapkan mengalami peningkatan.

(rei/image: Liputan6)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)