home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kontras dan Dinamis, Ini yang Buat Elektabilitas Paslon Pilkada DKI Berubah Drastis

Jumat, 10 Februari 2017 11:00 by reinasoebisono | 1656 hits
Kontras dan Dinamis, Ini yang Buat Elektabilitas Paslon Pilkada DKI Berubah Drastis
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Pilkada di ibukota DKI Jakarta memang paling banyak menarik perhatian publik. Tak hanya debat dan ‘buntut’ panjang dari performa masing-masing calon selama kampanye, namun dinamika yang terjadi di beberapa survei pun terlihat memiliki tren yang berubah-ubah.

Melansir CNN yang mengupas hasil survei Litbang Kompas, hasil cukup kontras pun ditunjukkan. Terbukti dari survei pada 28 Januari-4 Februari 2017 itu, pasangan calon nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni mengalami penurunan di angka elektabilitas 28.2%. Berikut adalah detailnya :

Hasil Survei Litbang Kompas 28 Januari-4 Februari 2017
Agus Yudhoyono-Sylviana Murni : 28.2%
Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful : 36.2%
Anies Baswedan-Sandiaga Uno : 28.5%

Hasil ini diterima dengan undecided voters atau responded yang belum menentukan pilihan sebanyak 7.1%. Sedangkan margin of error sekitar 3.46% dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil ini sangat kontras dengan survei sebelumnya :

Hasil Survei Litbang Kompas 7-15 Desember 2017
Agus Yudhoyono-Sylviana Murni : 37.1%.
Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful : 33%
Anies Baswedan-Sandiaga Uno : 19.5%

Baca juga: Pengakuan Adanya Permintaan Peserta Demo 212 ke Partai dalam Peran Kemenangan Anies-Sandi

Direktur Program Indo Riset Konsultan, Bawono Kumoro pun mengaatkan jika survei pilkada yang dilakukan lembaga mana pun akan sangat dinamis. Hal itu ditentukan dari besaran angka margin of error maupun undecided voters. Contohnya jika dibandingkan dengan hasil survei Charta Politika ini :

Hasil Survei Charta Politika 17-24 Januari 2017
Agus Yudhoyono-Sylviana Murni :25.9%.
Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful : 36.8%
Anies Baswedan-Sandiaga Uno : 27.0%

Dengan margin of error hanya 3.5% dan tingkat kepercayaan 95%, belum bisa dipastikan jika pilkada nanti dimenangkan oleh Ahok-Djarot. Posisi Anies-Sandi pun masih bisa disalip oleh Agus-Sylvy yang hanya beda tipis, kurang dari 2%.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia Chusnul Mariyah menganggap perubahan ini biasa terjadi saat mendekati hari pemilihan. Tak hanya aspek survei, namun faktor kampanye, penajaman program hingga penampilan masing-masing paslon pun mempengaruhi elektabilitas. Sehingga setiap survei tidak bisa dijadikan hasil mutlak dan hanya sebagai gambaran tren sosial pada saat itu.

"Yang jelas dan sangat perlu diperhatikan yaitu pada masa tenang jelang pilkada dilarang merilis hasil survei karena bakal mempengaruhi persepsi publik.” Jelas Ketua Program Studi Ilmu Politik, Pascasarjana, FISIP Universitas Indonesia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)