home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siap Dirilis, Uang Rupiah Baru Salah Satu Yang Miliki Keamanan Tertinggi di Dunia

Minggu, 18 Desember 2016 23:00 by reinasoebisono | 6030 hits
Siap Dirilis, Uang Rupiah Baru Salah Satu Yang Miliki Keamanan Tertinggi di Dunia
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Bank Indonesia akan merilis uang rupiah baru pada Senin besok. Uang emisi baru tahun 2016 ini meningkatkan level keamanannya bahkan diklaim menjadi salah satu mata uang yang memiliki tingkat keamanan tertinggi di dunia.

Melansir Liputan6, level pengamanan ini sudah sesuai ketentuan yang biasa diterapkan di berbagai negara.Kategori sistem pengamanan uang suatu negara pun terdiri dari 3 level yaitu terbuka, semu tertutup hingga tertutup.

"Rupiah itu memiliki sistem pengamanan tiga level, dengan begitu bisa jadi mata uang yang pengamanannya sangat kompleks dibanding mata uang negara lain," kata Direktur Eksekutif Pengelolaan Uang BI Suhaedi‎.

Dijelaskan lebih lanjut, level terbuka adalah unsur pengaman yang bisa dideteksi tanpa bantuan alat. Contohnya hal-hal yang bisa diliat secara kasat mata atau dirasakan dengan indera perasa atau disentuh.

Baca juga: Ayo Lebih Paham Jangan Asal Ambyar Rupiah Sudah Tembus 16 Ribu Per Dolar

Kedua adalah level semi tertutup atau semi covered yang juga unsur pengaman yang dapat dideteksi dengan alat sederhana seperti kaca pembesar dan lampu ultra violet. Terakhir adalah level tertutup atau covered yang berarti sistem pengaman yang hanya bisa dideteksi dengan mesin sortasi yang dimiliki Bank Sentral atau peralatan laboratorium/forensik.

Uang baru ini dilengkapi unsur pengaman yang lebih kuat, contohnya adalah colour shifting yang jikadilihat dari sudut pandang lain, akan terjadi perubahan warna yang kontras. Ada juga sistem rainbow feature yang jika dilihat dari sudut pandang lain akan muncul gambar tersembunyi berupa angka nominal.

Ada pula sistem rectoverso yang akan memunculkan gambar saling isi berupa logo Bank Indonesia bila diterawang. Rectoverso sempat jadi bahan pembicaraan karena isu kemiripan dengan logo komunis, palu arit. Padahal, lambang tersebut adalah tumpang tindih dengan lambang di belakangnya dan hanya bisa dilihat keseluruhan jika diterawang.

Uang baru ini juga sebagai upaya memudahkan aksesibilitas rupiah bagi penyandang tuna netra. Sistem ini juga sudah diujioba ke lebih dari 10 orang tunanetra dan bisa dengan cepat membedakan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kabar terbaru, Kawasan Ancol akan ditutup untuk masyarakat umum tanggal 4 Juni karena digelarnya balapan Formula E. Bahkan, untuk warga yang ingin akses ke pantai pun tetap harus memiliki tiket Formula E....
  • HOT !
    Pada Kamis (12/5), Korea Utara mengumumkan kasus pertama varian omicron dari COVID 19 dan menyatakan penerapan sistem pengendalian virus "darurat maksimum", mengakhiri klaim bebas virus corona yang sudah berlangsung lama....
  • HOT !
    Dalam perhelatan Grammy Awards 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy membagikan pesan untuk penonton tentang negaranya yang sedang mengalami krisis. Ini yang dibagikannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)