home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Proses 70%, Ini Pengganti Ujian Nasional Yang Disiapkan Mendikbud

Jumat, 02 Desember 2016 13:00 by reinasoebisono | 1339 hits
Proses 70%, Ini Pengganti Ujian Nasional Yang Disiapkan Mendikbud
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang baru terpilih di reshuffle kabinet terakhir memang menggebrak dengan program yang mungkin sudah dinantikan pelajar seluruh Indonesia, menghapus Ujian Nasional alias UN.

Melansir Kompas, pihaknya mengaku sudah siap melakukan moratorium ujian nasional. Penggantinya adalah, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dinyatakan telah siap 70%, tinggal ‘menggodok’ produknya saja.

Dalam konsep USBN, jenis soal tak lagi seluruhnya pilihan ganda. Melainkan dicampur dengan esai dengan jumlah soal pilihan ganda berkurang. Hal ini dilakukan guna mengasah kemampuan berpikir kritis para siswa.

Baca juga: UN 2020 Resmi Dibatalkan, Diganti Nilai Rapor Jadi Standar Kelulusan?

Uniknya, USBN nantinya bisa dilaksanakan tanpa kertas atau paperless yang bermanfaat untuk menghemat anggaran. Seperti UN berbasis komputer yang telah dijalankan beberapa tahun belakangan di beberapa daerah.

Menteri Pendidikan pun menyampaikan jika pihaknya baru menghitung anggaran pelaksanaan USBN. Namun ia memastikan anggaran ini tak membebani provinsi, kabupaten hingga kota karena menggunakan anggaran Kemendikbud dengan total mencapai Rp 1 Triliun.

"Tapi ini bukan anggaran USBN melulu, ada anggaran lainnya misalnya pembinaan guru," ujar Muhadjir. "Kami undang semua kepala dinas provinsi, kabupaten kota juga akan kami undang. Jadi kalau seandainya jadi kita tinggal siap,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Lembaga penelitian Korea Selatan mengungkapkan bahwa mereka telah membangun fasilitas penelitian bawah tanah terdalam, yang menjadi sebuah langkah untuk membuka misteri alam semesta....
  • HOT !
    Pada hari mendiang Ratu Inggris dimakamkan, polisi mengonfirmasi bahwa melakukan penangkapan pada 67 orang saat pelayat membanjiri jalanan London....
  • HOT !
    Sehari sebelum pemakaman Ratu Elizabeth II dijadwalkan berlangsung di London, Istana Buckingham merilis foto Ratu yang belum pernah dilihat sebelumnya yang diambil awal tahun ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : GaemIcha
Cast : Kim Myungsoo [Infinite]

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)