home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Guru Lebih Profesional, Menteri Pendidikan Ungkap Program Penting di Hari Guru Nasional

Jumat, 25 November 2016 11:50 by Dits | 728 hits
Ingin Guru Lebih Profesional, Menteri Pendidikan Ungkap Program Penting di Hari Guru Nasional
Image source: Liputan6.co

DREAMERS.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, didapuk untuk memimpin upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2016 di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat (25/11). Dalam pidatonya, ia mengaku salut atas kinerja guru, sebuah profesi yang menentukan masa depan bangsa.

Akan tetapi disela pidatonya, Effendy juga mengatakan kalau kondisi sebagian guru saat ini masih belum memenuhi harapan karena itulah untuk menjadikan guru semakin profesional, diperlukan langkah-langkah serius melalui sebuah program.

“Masih diperlukan upaya-upaya yang lebih keras agar pekerjaan guru di negara kita betul-betul sebagai pekerjaan profesional pada masa yang akan datang,” kata Muhadjir pada peringatan Hari Guru Nasional 2016 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (25/11) melansir Tempo.

Program tersebut berupa pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus. Akan tetapi tunjangan diberikan khusus guru yang telah mempunyai sertifikat pendidik. Muhadjir juga berharap tunjangan bisa berdampak nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru. Tolok ukurnya adalah peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa.

Kementerian pun rencananya akan merumuskan kebijakan untuk kesejahteraan guru yang mana sebagian tunjangan profesi guru bisa diinvestasikan sebagai usaha meningkatkan kinerja guru. Guru memiliki peran mulia karena masa depan bangsa ditentukan olehnya, baginya tidak ada orang yang sukses tanpa adanya peran seorang guru.

Baca juga: Mendikbud Harap Internet Cepat Bisa Segera Berlaku di Seluruh Sekolah Se-Indonesia

"Guru memiliki peran yang amat mulia dan amat strategis. Berbanggalah menjadi seorang guru. Sebab di tangan para Guru, Pamong, dan Tenaga Kependidikan, masa depan bangsa kita menjadi taruhan," ungkapnya.

Upacara tersebut diikuti pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, perwakilan dari PGRI dan sejumlah siswa SD, SMP dan SMA di Jakarta. Adapun sebagai petugas pengibar bendera merah putih dilakukan oleh siswa-siswi Paskibraka DKI Jakarta.

Dalam Peringatan Hari Guru Nasional ini, pihaknya juga memberikan ucapan kepada para guru seluruh Indonesia. "Saya ucapkan selamat memperingati Hari Guru Nasional tahun 2016," tutupnya.

(dits/Merdeka/Tempo)

Komentar
  • HOT !
    Bill Gates dinyatakan positif COVID 19. Pendiri Microsoft tersebut mengungkapkan bahwa dia mengalami gejala ringan dari virus Corona. Ia juga merasa beruntung telah divaksin....
  • HOT !
    Setelah menjadi korban pemukulan hingga babak belur dan ditelanjangi sekelompok orang di demo Senin. 11 April kemarin, dosen UI Ade Armando dikethaui mendapatkan perawatan di ruang High Care Unit (HCU) MRCCC Siloam Semanggi....
  • HOT !
    Meningkatnya popularitas global drama atau serial TV Korea yang diadaptasi dari webtoon telah membawa peningkatan permintaan untuk versi aslinya di seluruh dunia. Pada 17 Maret, dilaporkan bahwa webtoon yang diadaptasi menjadi drama ‘Business Proposal’ meraih views yang luar biasa....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)