home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Layaknya Sidang Jessica, Gelar Perkara Kasus Ahok Akan Disiarkan Secara Langsung

Minggu, 06 November 2016 15:35 by reinasoebisono | 1789 hits
Layaknya Sidang Jessica, Gelar Perkara Kasus Ahok Akan Disiarkan Secara Langsung
Image source: Republika O

DREAMERS.ID - Dugaan kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Calon Gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memang menarik perhatian orang banyak, terlebih karena adanya aksi unjuk rasa pada 4 November kemarin yang diwarnai kericuhan di beberapa titik.

Jaminan dari Wapres Jusuf Kalla dan akhirnya Presiden Joko Widodo yang mengatakan proses hukum kasus Ahok akan dilakukan secara transparan, adil cepat akan segera terwujud. Selain akan diperiksa Senin mendatang, ada konfirmasi baru dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia Tito Karnavian .

Pihaknya menegaskan kepolisian akan menggelar perkara kasus tersebut secara langsung di hadapan media massa dan tentu memberi kesempatan masyarakat untuk menyaksikannya juga. Melansir CNN, hal ini tidak biasa dilakukan dalam sebuah gelar perkara kasus pidana.

Namun kasus ini mendapat pengecualian dan menjadi perintah langsung dari Presiden Joko Widodo. "Ini perintah eksepsional, untuk transparansi kami akan menggelar perkara ini secara terbuka di hadapan media dan disiarkan langsung. Ini perintah dari Presiden Joko Widodo," kata Tito.

Baca juga: Fakta-fakta Nicholas Sean, Putra Sulung Ahok yang Dilaporkan Atas Penganiayaan

Namun berbeda dari siaran langsung sidang yang mewarnai televisi beberapa bulan belakangan, kasus Jessica sianida, gelar perkara ini memiliki 2 tahap yaitu penyelidikan dan penyidikan.

Untuk penyelidikan, Polri melalui Kabareskrim, akan memeriksa semua orang, yaitu terlapor dan pelapor termasuk saksi pelapor dan terlapor. Pihak kepolisian memberikan kesempatan kepada kedua pihak untuk memebawa saksi-saksi ahli.

Selanjutnya adalah tahap penyidikan di mana dalam proses ini, polisi sudah bisa menetapkan tersangka apakah terdapar pidana atau tidak. Di sinilah status Ahok mendapat hukum pidana akan ditentukan bersalah atau tidak.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Dilansir dari Korea Times, outlet media Daily NK, baru baru ini melaporkan bahwa seorang siswa sekolah menengah di Hyesan, sebuah kota Korea Utara yang berbatasan dengan China, dijatuhi hukuman 14 tahun kerja paksa karena menonton film Korea Selatan...
  • HOT !
    BTS baru baru ini membawa pulang tiga piala di ajang penghargaan musik bergengsi American Music Awards 2021. Secara khusus, mereka menorehkan sejarah sebagai artis Asia pertama yang meraih penghargaan Artist of the Year....
  • HOT !
    Seperti yang diberitakan sebelumnya, cuti Bersama akhir tahun dihapus oleh pemerintah sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi SKB Tiga Menteri Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, serta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)