home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Korsel Ganti Pejabat Kepemerintahan untuk Alihkan Isu Skandalnya?

Rabu, 02 November 2016 18:00 by tyassss | 1175 hits
Presiden Korsel Ganti Pejabat Kepemerintahan untuk Alihkan Isu Skandalnya?
Image source: voanews.com

DREAMERS.ID - Di tengah kasus bocornya dokumen rahasia negara, Presiden Korea Selatan Park Geun-hye mengganti perdana menteri, menteri keuangan dan menteri keamanan. Penggantian ketiganya ini dianggap sebagai pengalihan isu skandal presiden Park.

Pekan lalu, Presiden Park Geun Hye terbukti telah membiarkan teman dekatnya Choi Soon Sil yang tidak menjabat dalam kepemerintahan, ikut campur dalam urusan negara yang juga mengarah pada isu korupsi. Sementara itu, media Korea Selatan berspekulasi Choi memiliki peranan lebih besar dalam urusan pemerintahan.

Dilaporkan TIME pada Rabu (02/11), reshuffle pejabat kepemerintahan itu dilakukan usai jaksa menyelidiki kasus presiden Park tersebut. Dari kantor kepresidenan, Park menominasikan Kim Byong-joon, mantan staf kepresidenan untuk presiden Roh Moo-hyun, sebagai perdana menteri barunya. Nominasi tersebut tentunya harus disetujui parlemen terlebih dahulu.

Baca juga: Bekas Kediaman Presiden Korsel Cheong Wa Dae Semakin Ramai Dikunjungi Wisatawan

Sedangkan dua nominasi lainnya harus melalui sidang di Majelis Nasional. Partai Demokrat sebagai oposisi pemerintahan Korsel mengatakan, pergantian yang dilakukan presiden Park ini diduga sebagai pengalihan isu skandal bocornya dokumen milik negara tersebut. Dalam jajak pendapat terbaru, dukungan kepada Park menjadi yang terendah sejak dia dilantik sebagai presiden Februari 2013.

Dalam survei tersebut, setengah dari responden berpikir presiden Park harus mengundurkan diri atau diberhentikan parlemen. Karenanya, selama akhir pekan ribuan demonstran melakukan aksi unjuk rasa menuntut pengunduran diri presiden Park. Kekuasaan eksekutif Negeri Ginseng memang terpusat pada presiden, namun perdana menteri bisa memimpin pemerintahan jika presiden mengundurkan diri.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)