home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terjadi di Banyak Negara, Perusahaan Raksasa Google Termasuk 'Bandel' Tak Bayar Pajak?

Rabu, 12 Oktober 2016 10:01 by Dits | 751 hits
Terjadi di Banyak Negara, Perusahaan Raksasa Google Termasuk 'Bandel' Tak Bayar Pajak?
image source: Internation

DREAMERS.ID - Baru-baru ini Staf Ahli Wakil Presiden, Sofyan Wanandi mengungkapkan kalau perusahaan raksasa, Google, memang tergolong perusahaan yang 'bandel. Di sejumlah negara, industri berbasis digital ini kerap kali menghindari pajak.

"Di negara lain kan Google bermasalah lebih besar dari kita. hanya saja, perusahaan kayak gitu kan selalu cari pajak yang paling kecil. Mereka toh ada di mana-mana dan mereka merasa enggak ada punya kewajiban untuk bayar pajak di negara-negara lain," kata Sofjan di Kantor Kemenko Perekonomian pada Selasa (11/10) malam.


Staf Ahli Wakil Presiden, Sofyan Wanandi - (Foto: Istimewa)

Sofjan mengungkapkan, saat ini, sejumlah negara sedang berupaya untuk mengejar pajak dari perusaan asal Amerika Serikat tersebut, termasuk Indonesia.

"Karena seluruh dunia sedang sama-sama hadapi mereka (Google) dan mereka harus bayar. Mereka mau bayar namun dalam batas masih negosiasi mengenai masalah rate dan macam-macam," katanya.

Untuk itu, kata Sofjan, pemerintah sedang membuat aturan perpajakan terkait industri digital di tanah air. Sehingga ada kepastian hukum bagi pemerintah untuk menarik pajak bagi perusahaan digital.

"Ada masalah-masalah hukum yang harus diselesaikan namun mereka etikanya mau membayar. Namun sekarang hitung-hitungannya aturan dari google dan kami sedang atur supaya mereka mau bayar," paparnya.

"Sebetulnya mereka mau bayar, hanya saja mereka minta sejumlah aturan yang bisa diperbaiki. Agar mereka bisa bayar. Makanya sekarang kita atur, selama ada kepastian hukum untuk mereka," tandasnya. 

Source:
Komentar
  • HOT !
    Pemerintah disebut tengah merencanakan penerapan bayar tol tanpa kartu yang pasti akan memangkas waktu pembayaran di gerbang tol yang kadang sering memicu kemacetan. Rencana ini akan diterapkan mulai akhir tahun sebagai uji coba dan efektif berlaku pada 2023 2024....
  • HOT !
    PPKM atau yang memiliki kepanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dengan level level dalam menangani pandemic virus corona atau COVID 19 di seluruh Indonesia, yaitu di wilayah Jawa Bali maupun luar Jawa Bali resmi berakhir hari ini, Senin (9/5)....
  • HOT !
    Pejabat dari tim transisi Presiden terpilih Yoon Suk Yeol dikabarkan akan mengunjungi agensi BTS. Menurut juru bicara tim transisi Shin Yong Hyun pada Jumat (01/04), Ketua komite transisi presiden Ahn Cheol Soo dan anggota subkomite sosial, kesejahteraan, dan budaya berencana mengunjungi HYBE pada hari Sabtu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)